1.300 Penari Saman Siap Tampil Pada Acara HUT RI ke 70

0
326

LIPUTANACEH.COM | BANDA ACEH | Sebanyak 1.300 orang mengikuti latihan Tari Saman Aceh di lapangan Tennis Indoor Jasdam Iskandar Muda, Neusu, Banda Aceh. Tari Saman itu direncanakan akan ditampilkan pada 17 Agustus 2015 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.

“Mereka terdiri dari prajurit, ibu Persit Kodam Iskandar Muda, dan anak sekolah,” kata pelatih tari, Sertu Hasan, Jumat (07/08/2015).

Sertu Hasan juga mengatakan, Tari Saman adalah tarian daerah Aceh yang paling terkenal saat ini. “Tarian ini berasal dari dataran tinggi Gayo. Pada masa lalu, Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat,” ujar Sertu Hasan.

Ia juga mengatakan, Saman diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, Syekh Saman dan saat ini Tari Saman ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai daftar representatif budaya tak benda warisan manusia dalam sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

“Tari Saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik berupa gendang dan menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah,” tutupnya. [Via]