101 Personel Brimob Aceh Ditugaskan ke Papua

0
464
brimob-ilustrasi
FOTO : ISTIMEWA

BANDA ACEH | Sebanyak 101 personel Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Aceh dikirim ke Papua untuk melakukan pengamanan PT Freeport Indonesia.

Kapolda Aceh Irjen Pol M Husein Hamidi di Banda Aceh, Rabu, 19 Agustus 2015, mengatakan seratus lebih personel Brimob Aceh tersebut ditugaskan di bawah kendali operasi (BKO) Polda Papua,

“Mereka ini dikirim ke Papua, menggantikan personel Brimob Polda Riau. Mereka melakukan pengamanan di areal PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika selama tiga bulan,” ungkap Kapolda Aceh.

Sebelum diberangkatkan ke Papua, kata dia, seratus lebih personel Brimob Polda Aceh tersebut diberi pembekalan, termasuk latihan, baik taktis maupun teknis.

Mereka, kata Irjen Pol M Husein Hamidi, juga dibekali pengetahuan karakteristik keadaan wilayah, seperti adat istiadat maupun situasi dan kondisi wilayah tugas.

“Mereka bertugas selama tiga bulan. Namun, tidak tertutup kemungkinan masa tugas diperpanjang. Apalagi Aceh tidak ada pilkada serentak, yang membutuhkan personel pengamanan,” kata dia.

Kapolda menyebutkan tujuan pengamanan untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan bersenjata yang dapat mengancam stabilitas keamanan yang dapat menghambat areal kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Kapolda Aceh mengatakan situasi keamanan di wilayah Kabupaten Timika, Papua, khususnya di area PT Freeport Indonesia secara umum relatif kondusif. Namun begitu, personel Brimob Polda Aceh diminta tetap mewaspadai gangguan keamanan yang terjadi.

“Saya mengingatkan personel Brimob Polda Aceh yang ditugaskan ke Papua mengedepankan kegiatan penjagaan, pengawalan, serta penegakan hukum,” kata Irjen Pol M Husein Hamidi. (antara)

BAGIKAN

KOMENTAR