Wakil Bupati Atim Lounching Pembangunan Kebun Plasma

0
45

ACEH TIMUR | LA – Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syamau’un¬†¬†melakukan lounching penanaman kelapa sawit perdana kegiatan pembangunan kebun plasma PT. Padang Palma Permai. Kegiatan tersebut berlangsung di Gampong Cek Mbon, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur,

Dalam sambutan dan arahannya, Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un mengatakan, program pembangunan kebun plasma merupakan program yang diamanatkan oleh pemerintah berdasarkan peraturan menteri pertanian nomor 33 tahun 2006 tentang revitalisasi atau nama lain disebut juga plasma.

Lebih lanjut Wakil Bupati Aceh Timur menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat melalui pengembangan perkebunan, meningkatkan daya saing melalui peningkatan produktifitas dan pengembangan industri hilir berbasis perkebunan.

Selain itu juga untuk meningkatkan penguasaan ekonomi nasional dengan mengikut sertakan masyarakat dan pengusaha lokal serta mendukung pengembangan wilayah dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan perkebunan secara berkelanjutan, kata Syahrul Bin Syama’un.

Penanaman perdana ini diharapkan dapat menjadi salah satu simbol atau pertanda bagi kemajuan pembangunan dibidang perkebunan yang tentunya membawa berkah dan harapan baru untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan program ini yang diinisiatifkan oleh PT. PPP atau PT. Minamas Gemilang.

Kita harapkan juga menginspirasi perusahaan perkebunan lainnya dalam program serupa,” demikian pungkas Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syam’un.

Sementara itu, President Direktur Head Plantation Upstream Indonesia (HPUI) PT. Minamas Haryanto Tedjawidjaia dalam sambutannya mengatakan, sebagai perusahaan kelapa sawit yang mengutamakan prinsip pengelolaan kebun sawit berkelanjutan, pperusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit diharapkan untuk dapat melakukan kegiatan kemitraan dengan masyarakat sekitar PT. PPP, anak usaha dari Minamas Plantation yang mempelopori kerjasama pendampingan dengan petani sawit yang tergabung dalam koperasi unit desa Pentagon di Gampong Cek Mbon ini.

Selain itu juga, pola kemitraan yang digunakan dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit adalah pola kemitraan KKPA (Kredit Koperasi Primer Anggota).

KUD Pentagon sebagai wakil petani plasma koperasi menyerahkan pengelolaan dalam membiayai pembangunan perkebunan dan prasarana kepada PT. PPP, ujar Haryanto.

Untuk itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai perusahaan perkebunan yang bertanggung jawab untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah setempat, Dalam operasional perusahaan sehari-hari, tegas Haryanto.

Hal ini sesuai dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik dan kesejahteraan yang nyata kepada masyarakat disekitar koperasi perusahaan.

Kami harap kerjasama yang erat antara perusahaan dan pemerintah kabupaten Aceh Timur ini akan terus berlangsung dimasa yang akan datang,” demikian pungkas Haryanto.

Turut Hadir dalam Pembangunan Kebun Plasma diantaranya, President Direktur/ Head Plantation Upstream Indonesia (HPUI) PT. Minamas Grup Haryanto Tedjawidjaia, Mantan Pangkostrad / Adviser PT. Minamas Grup Letjen (Purn) TNI Burhanudin Amin, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE.

Wakil Bupati Atim Syarul Bin Samaun, Wakapolres Aceh Timur Kompol Apriadi, S. Sos, M.M, Derektur PT. Maligao Sofyanfake, Tgk H. Abdullah Rasyid, Manajer Unit PT. Padang Palma Permai Syawaluddin, Head Plantation Operation (HPO) Rosiin Azmy Hassan, General Manager Plantation Subtainable (GMPS) Safwani.

Head Plantation sustainable Quality management (HPSQM) Mohammad pirabaharan, Head Corporate Comm Elly Mahesa Jenar, Staf HPUI Fobn Arso Bimantoro, Staf PS Meti Henniati, Staf Corporate Comm Agustino, Staf Corporate Comm a.n. Budi Kristiono, Tgk H. Bukhari Hasan, T. Reza Riski Kepala UKM dan Iskandar. SH. Kepala perizinan. (z)

BAGIKAN

KOMENTAR