3 Pilar Upaya KPK Dalam Mencegah Korupsi

0
59

BANDA ACEH | LA – Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) RI Febri Diansyah menyatakan Sumber Daya Alam (SDA) pertambangan menjadi sesuatu yang sangat penting, dikarenakan apabila terjadi korupsi disana bukan hanya negara yang dirugikan tapi juga masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara KPK RI, pada  seminar memperingari hari anti korupsi Se- Dunia di gedung UCC Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Aceh, Sabtu 9 Desember 2017.

“Tugas KPK yaitu Koordinasi, Supervisi, Penindakan, Pencegahan dan Monitoring,” kata Jubir KPK RI, Febri Diansyah dalam kesempatan itu.

Ia juga mengatakan  upaya KPK mencegah korupsi berdiri dengan 3 pilar  diantaranya,  Swasta, Pemerintah dan masyarakat.

“Gerakan profesional berintegritas mendorong swasta agar tidak menyuap / memberi gratifikasi, Pemerintah terbagi dalam dua fungsi yaitu  Fungsi korupsi untuk pencegahan : perbaikan tata kelola di 23 Provinsi / 360 Kab/Kota, Fungsi Litbang : Perbaikan sistem tata kelola di sektor strategis seperti SDA, energi dan infrastruktur,” papar Febri dalam seminar yang berlangsung di Kampus Unmuha itu.

Sedangkan di masyarakat, yaitu menyasar sektor pendidikan melalui insersi mata pelajaran, sektor politik melalui penguatan tata kelola partai dan komunitas melalui partisipasi masyarakat.

“Fungsi Monitoring sektor strategis merupakan Direktorat Litbang KPK melakukan kajian dan merekomendasi perbaikan sistem secara lintas instansi diberbagai sektor yang menyentuh kepentingan publik ,” katanya.

BAGIKAN

KOMENTAR