Ingat! Ini Lokasi Penukaran Uang Baru di Sekitar Banda Aceh

0
Ilustrasi | Foto @Liputan6

BANDA ACEH |LA– Dalam melaksanakan tugasnya sebagai otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Bank Indonesia akan senantiasa berupaya menjaga ketersediaan uang Rupiah yang layak edar di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan denominasi/pecahan yang dibutukan dan secara tepat waktu (timely).

“Serta menyediakan layanan Sistem Pembayaran yang aman, lancar, dan efisien dengan memperhatikan perlindungan konsumen,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis, Selasa (14/5/2019).

Khusus di masa-masa tertentu (seasonal) seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, pelaksanaan tugas BI di bidang sistem pembayaran umumnya mengalami peningkatan, dikarenakan pada masa-masa tersebut kebutuhan masyarakat terhadap layanan BI lebih besar dibandingkan periode biasanya.

“Pelaksanaan tugas tersebut dilakukan oleh kantor pusat BI di Jakarta maupun seluruh kantor perwakilan BI yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Dalam pelaksanaan tugas di bidang sistem pembayaran, Bank Indonesia memberikan layanan kepada perbankan, masyarakat, serta stakeholders terkait lainnya. Pelayanan yang diberikan diantaranya setoran-penarikan dana perbankan, penukaran uang Rupiah, penggantian uang rusak, serta penyelenggaraan kliring dan Real Time Gross Settlement (RTGS) kepada perbankan,” kat Zainal.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Banda Aceh dan sekitarnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440H, Bank Indonesia Provinsi Aceh akan membuka layanan penukaran uang kecil dalam kegiatan kas keliling di beberapa lokasi publik.

Adapun lokasi yang dijadikan sebagai tempat penukaran tersebut diantaranya :Pasar Keutapang pada tanggal 13 Mei 2019 ,Pasar Ulee Kareng pada tanggal 14 Mei 2019, Pasar Peunayong pada tanggal 15 Mei 2019 dan Pasar Setui pada tanggal 16 Mei 2019.

“Adapun masing-masing kegiatan penukaran uang di lokasi tersebut dimulai pada pukul 10.00 s.d 12.30 WIB,” ujar Kpw BI Aceh.

Selain itu, Bank Indonesia Provinsi Aceh juga bekerjasama dengan 5 bank yaitu PT. Bank Aceh Syariah, PT. Bank Rakyat Indonesia, PT. Bank Negara Indonesia, PT. Bank Mandiri dan PT. Bank Muamalat melakukan kegiatan layanan penukaran uang kecil bersama yang akan menyediakan setidaknya Rp2,1 Triliun uang baru, terdiri dari Rp1,3 Triliun Uang Pecahan Besar (UPB) dan Rp800 Miliar Uang Pecahan Kecil (UPK) untuk kebutuhan masyarakat.

“Layanan bersama perbankan tersebut akan dilaksanakan di Mall Barata, Jl. Teuku Muhammad Djam Kec. Baiturrahman Banda Aceh pada tanggal 20-23 dan 27-29 Mei 2019 sebagai wujud pelayanan terbaik perbankan kepada masyarakat kota Banda Aceh,” tambahnya.

Ia juga menyebutkan, selain menyediakan layanan penukaran uang kecil di lokasi publik, Bank Indonesia Provinsi Aceh juga melayani penukaran uang kecil di Kantor Bank Indonesia Provinsi Aceh, J. Cut Meutia No. 15, Banda Aceh dari tanggal 27 Mei 2019 sampai dengan tanggal 29 Mei 2019. (IK)