Donald Trump Peringatkan Inggris Keterlibatnya dengan Raksasa Teknologi China

0

INTERNASIONAL I LA -Efek memanasnya perang dagang Amerika Serikat dengan China, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendesak Inggris untuk lebih berhati-hati dalam melibatkan raksasa teknologi China, Huawei dalam jaringan 5G yang baru. .

Hal ini sebagaimana diungkapkan presiden Amerika Serikat itu seperti dilansir Srraits Times.

“Yah, Anda memiliki alternatif lain dan kami harus sangat berhati-hati dari sudut pandang keamanan nasional,” kata Trump, Ahad (2/6/2019).

Trump meambahkan Amerika memiliki kelompok pengumpulan intelijen yang sangat penting, bahwa Amerika bekerja sangat erat dengan negara Inggris dan karenanya Inggris harus sangat berhati-hati.

Bahkan AS telah lama menyuarakan kecurigaan bahwa Huawei dikendalikan oleh pemerintah China, yang merupakan ancaman bagi keamanan global. Sementara tuduhan tersebut dibantah oleh perusahaan, dan Beijing.

Sementara itu, pemerintah Perdana Menteri Theresa May menegaskan belum ada keputusan tentang keterlibatan Huawei dalam membangun jaringan 5G di Inggris.

Di samping itu, Trump juga mengulangi kritik sebelumnya terhadap strategi May untuk membawa Inggris keluar dari Uni Eropa (UE). May akan mengundurkan diri dalam beberapa pekan mendatang karena kegagalannya memberikan Brexit yang tepat waktu.

“Saya akan pergi. Jika kamu tidak mendapatkan kesepakatan yang kamu inginkan, jika kamu tidak mendapatkan kesepakatan yang adil, maka kamu pergi,” ungkap presiden Amerika itu.