Sejumlah Manfaat Wortel Selain untuk Mata

0

Jakarta |LA – Berbicara mengenai manfaat wortel terhadap mata tentunya bukanlah sebuah hal yang asing lagi bagi semua orang. Namun tahukah anda, ternyata wortel tidak hanya bermanfaat untuk mata namun masih banyak khasiat dari buah orange yang satu ini.

Seperti dilansir dari laman Health, Sabtu (15/6/2019), Berikut beberapa khasiat yang dimiliki oleh wortel apabila dikonsusmsi secara rutin :

1. Kesehatan Mata
Wortel berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan wortel mengandung 200 persen vitamin A dari target yang dibutuhkan per hari. Kemudian wortel juga kaya antioksidan lutein dan zeaxanthin sehingga dapat menjadi sebagai pelindung kesehatan mata khususnya melindungi retina dan lensa mata.

2. Penyeimbang Gula Darah
Wortel juga kaya akan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur tingkat gula darah dan insulin serta membantu kesehatan sistem pencernaan. Wortel mentah maupun yang telah dimasak juga memiliki indeks glikemik rendah yang membantu menjadi sumber energi.

3. Menjaga berat badan
Manfaat lain yang dimiliki wortel adalah dapat menjaga berat badan. Seperti diketahui bahwa wortel mengandung tinggi serat dan kaya air. yaitu 88 persen kandungannya merupakan air. Sehingga kombinasi ini dapat mempercepat rasa kenyang. Selain itu, wortel juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Menurunkan Risiko Kanker
Wortel kaya akan antioksidan karotenoid. Menurut penelitian dalam Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa Antioksidan dalam wortel telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker termasuk kanker paru-paru, prostat dan leukimia. Dan penelitian itu juga menyebutkan bahwa karotenoid dapat mencegah risiko kanker paru-paru 21 persen lebih rendah.

5. Penyeimbang Tekanan Darah
Wortel juga mengandung kalium yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah. Kandungan tersebut menyeimbangkan tingkat sodium dan membantu membersikan sisa sodium serta cairan dari tubuh. Kedua hal tersebut dapat memberikan tekanan pada jantung.

6. Menjaga imunitas
Wortel yang juga kaya akan vitamin C dapat berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh (imun). Kandungan tersebut juga memiliki peran dalam pembentukan dan melindungi membran mukosa yang berfungsi untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh.

 

Sumber : Liputan6