4.682 JCH Aceh Siap Diberangkatkan, Mayoritas Jamaah Perempuan

0
Ilustrasi. Foto: Mediaindonesia

BANDA ACEH |LA -Embarkasi Aceh mulai memberangkatkan Jamaah Calon Haji Aceh Tahun 2019 M / 1440 H. Penerbangan pertama kloter 01BTJ dijadwalkan terbang hari Sabtu siang  (20/07) pukul 13.35 wib.

Dalam konfrensi pers yang digelar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Jumat (19/07) kemarin, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh selaku Ketua PPIH memberikan informasi umum tentang jamaah haji Embarkasi Aceh dan berbagai persiapan yang telah dilakukan.

Jamaah pada Embarkasi tahun ini akan diberangkatkan sejumlah  4.682  orang terdiri dari JCH Laki- laki 1.902     Jamaah dan JCH Perempuan 2.760 Jamaah. Jamaah tertua tahun ini bernama Mat Budin (99 Tahun)  asal Kab.  Aceh Tamiang, tergabung dalam kloter 7, dan Jamaah termuda Bernama Dilla Bunayya Binti Husaini (Usia 18 Tahun) asal Kabupaten Pidie tergabung dalam Kloter 11.

“Usia Rata-rata jamaah calon haji tahun 2019 ini adalah  57 Tahun. 96,6% JCH belum pernah berhaji, hanya 3,4% yang sudah berhaji, dan tahun ini sama dengan tahun lalu mayoritas jamaah adalah  perempuan” ujar Daud Pakeh.

Keberangkatan dan kepulangan Jamaah haji Embarkasi Aceh terbagi dalam 12 kloter, seluruhnya penuh jamaah Aceh dan tidak ada yang tergabung dengan Embarkasi lain.   Adapun jenis pesawat yang digunakan Jamaah haji Embarkasi BTJ: Boeing 777- 300 ER Kapasitas 393 seat Milik Garuda Indonesia, bukan pesawat carteran.

“Ini pesawat terbaik milik Garuda Indonesia, dan armada bus yang disiapkan oleh Garuda Indonesia untuk digunakan dari asrama haji ke Bandara dan sebaliknya,  telah disiapkan 10 bus, 4 bus diantaranya memiliki fasilitas toilet di dalam bus” tambah Widia mewakili Manajemen Garuda Indonesia Banda Aceh.

Djelaskan juga oleh Daud Pakeh bahwa tahun ini seluruh Jamaah Calon Haji Aceh akan menempati pemondokan hotel di wilayah Sysyah yang berjarak sekitar 3 Kilometer dari Masjidil haram dan ada bus shalawat yang dalam 24 jam siap melayani transportasi jamaah menuju Masjidil haram dan dari Masjidil haram. []