Plt Gubernur Aceh Hadiri Renungan Suci

0

BANDA ACEH |LA – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci, di Taman Makam Pahlawan, yang berada di Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman,  tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu (17/8/2017) dini hari.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel yang diikuti oleh Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta Polri. Sedangkan Gubernur Aceh, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Sulaiman Abda dan Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Acmad Daniel Chardin dan Kajati Aceh mendampingi tepat dibelakang Pangdam Iskandar Muda.

Apel dan Renungan Suci juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Rektor Universitas Syiahkuala dan UIN Ar-Raniry, Wali Kota Banda Aceh serta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, unsur Forkopimda Kota Banda Aceh, anggota Korpri dan sejumlah PNS serta Pelajar SMA dan Pramuka.

Dalam amanatnya, Kapolda menyatakan penghormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdikan diri pada perjuangan demi negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kebaktian bagi kami juga. Kami berdo’a, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ujar Rio S Djambak.

Untuk diketahui bersama, Taman Makam Pahlawan Peuniti berisi 397 pusara pahlawan, yang terdiri atas Pusara Angkatan Bersenjata sebanyak 384, Pegawai Sipil 4 pusara, Pejuang Rakyat 7 pusara dan Pahlawan Tak Dikenal sebanyak 5 pusara.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dilakukan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya tepat pukul 00:00 WIB. Kegiatan ini digelar untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan ikhlas dan gugur di medan pertempuran demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para generasi penerus bangsa diharapkan dapat meneladani sikap, semangat, dan pengorbanan yang telah dicontohkan oleh para pahlawan yang telah gugur menjaga kedauatan bangsa dari tangan para penjajah.

Diterangi temaram cahaya dua obor utama serta puluhan obor di sekeliling Taman Makam Pahlawan, suasana Apel Kehormatan dan Renungan Suci berlangsung khidmat.