5 Kota Seru Untuk Liburan Pertama Kali

0
530

yogya

YOGYAKARTA -Traveler yang baru pertama kalinya traveling jangan bingung mau liburan kemana. Ada 5 kota yang detikTravel rekomendasikan untuk kamu.

Kota-kota ini sangat cocok untuk traveler datangi meski baru pertama kali. Dari Yogyakarta, hingga Banda Aceh, semuanya menarik untuk dikunjungi. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (5/11/2015), inilah 5 kota seru untuk liburan pertama kali:

1. Yogyakarta
yogya

Yogyakarta bisa menjadi kota pilihan untuk traveler pemula. Pritha (22) misalnya, mahasiswi perguruan tinggi di Depok ini, menganggap Yogyakarta sebagai kota yang ideal untuk para traveler yang baru pertama kali traveling.

“Yogya itu punya banyak tempat wisata yang lokasinya mudah dijangkau. Selain itu, murah. Itu yang paling penting,” ujarnya sambil tertawa.

Menurut Pritha, Yogyakarta punya kriteria sebagai destinasi wisata unggulan. Masyarakatnya yang ramah terhadap pendatang dan wisatawan, menjadi nilai tambah yang dimiliki kota tersebut, dan belum tentu dimiliki oleh kota lainnya di Indonesia.

“Selain lokasi wisata mainstream, banyak lokasi wisata tersembunyi bagi yang ingin mencari lho, jangan salah, masih bisa dieksplorasi,” tambahnya.

Yogyakarta memang menghadirkan kesan istimewa bagi para traveler yang sudah pernah ke sana. Setelah datang untuk pertama kali, pasti traveler ingin datang untuk kali kedua dan seterusnya. Yogya memang selalu bikin kangen!

2. Bandung
transstudio

Bandung jadi kota kedua yang direkomendasikan untuk traveler yang baru pertama kalinya traveling. Salah satu yang merekomendasikan adalah Andika (23). Pemuda asli Bandung ini menyebut Bandung sebagai kota yang nyaman untuk traveler, selain itu tentu saja ada banyak kuliner yang enak di kota ini.

“Bandung itu kotanya nyaman banget buat ditinggali. Kulinernya juga enak-enak. Dijamin betah lah,” ungkapnya.

Namun, yang perlu diperhatikan untuk para traveler yang baru pertama kali ke Bandung adalah soal naik angkot. Sebelum naik kendaraan umum di Bandung, traveler mesti tahu rute-rutenya. Salah-salah bisa tersesat, untuk itu mesti cari informasi dulu sebelum pergi ke Bandung

“Angkotnya mesti hafal sih kalau mau keliling Bandung. Rutenya ada banyak kan. Tapi sebenarnya mah gampang, tinggal bilang ke Aa’ yang bawa mobilnya mau turun di mana,” kata Andika yang kini tinggal di Depok.

Bandung yang berhawa dingin menawarkan banyak destinasi seru yang bisa traveler jelajahi. Baik alam, kuliner, atau sekadar ingin wisata belanja ke sejumlah factory outlet pun bisa. Tinggal pilih sendiri aktivitas yang ingin traveler lakukan di sini.

3. Malang
malang

Kota ketiga untuk traveling buat para traveler pemula adalah Malang. Kota yang juga berhawa dingin ini punya banyak destinasi seru untuk dikunjungi, dari taman bermain, kebun binatang, hingga museum keren. Dijamin seru liburan di Malang!

“Malang itu keren. Pokoknya kalau liburan, mesti datang ke Malang,” kata Awaludin (25) yang jatuh cinta pada kota ini saat pertama kali memutuskan traveling ke sana.

Menurut Awaludin, atmosfer kota Malang yang nyaman akan membuat traveler yang baru pertama kalinya ke sana betah. Soal makanan, jangan khawatir karena Malang punya banyak kuliner enak yang bisa diicip satu persatu.

“Ada Bakso Bakar, Cwie Mie, yang legendaris ada Toko Oen. Banyak pokoknya, mau oleh-oleh juga ada, keripik apel, macam-macam,” pungkasnya.

Malang bisa dmasukkan ke dalam daftar kota untuk dikunjungi para traveler pemula. Tidak perlu takut untuk menjelajahi kota yang baru dan Malang bisa jadi salah satu langkah awalnya.

4. Bali
surf1

Bali sudah tidak perlu diragukan lagi masuk ke dalam destinasi yang cocok untuk traveler pemula. Tak hanya satu kota saja, melainkan satu pulau bisa traveler eksplorasi. Terutama kecantikan pantai-pantainya yang aduhai indahnya.

“Bali itu identik dengan pantai. Memang benar, kalau ke Bali pasti mainnya ke pantai, nggak ada yang bisa mengalahkan pantai Bali,” ucap Anggi (22), mahasiswi asal Jakarta yang kerap liburan ke Bali.

Anggi mengatakan Bali adalah destinasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan liburan yang dicari traveler. Apa saja ada, dan menurutnya traveler pasti akan punya kesan mendalam waktu liburan untuk pertama kalinya ke Bali.

“Pertama ke Bali waktu liburan SMP, sejak saat itu aku putusin buat liburan ke sini terus setiap ada kesempatan. Nggak bosen-bosen tuh,” katanya.

Bali jadi destinasi yang wajib dicoba untuk dijadikan lokasi liburan traveler. Baik untuk pertama kali, ataupun untuk kesekian kali, Bali tetap selalu mendapat tempat di hati para traveler.

5. Banda Aceh

Masjid-Raya-Banda-Aceh

Terakhir, ada Banca Aceh yang bisa jadi pilihan untuk traveler. Meski berada nun jauh di Barat Indonesia, traveling pertama kalinya ke Aceh pasti akan meninggalkan kesan yang dikenang para traveler pemula.

Kaget. Itulah kesan pertama yang dirasakan oleh Jefri (24) asal Bekasi saat pertama kalinya menginjakkan kaki ke Banda Aceh untuk liburan setahun yang lalu. Menurut Jefri, meskipun menerapkan Syariat Islam, tetapi suasana Banda Aceh sangat bersahabat.

“Kaget, karena ternyata Aceh ternyata tidak seketat yang dibayangkan. Nggak seperti kayak lagi di Timur Tengah,” ungkapnya.

Menurut Jefri, banyak yang bisa dilihat oleh traveler saat berkunjung ke Banda Aceh. Jangan lupa juga untuk menyicip kopi serta Mie Aceh yang otentik di sini.

“Banyak, ada Museum Tsunami, Masjid Agung Baiturrahman, Pantai Lampuuk Aceh Besar, lapangan yang ada pesawatnya itu juga,” kata Jefri.

Traveler pun bisa mencoba hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Jefri. Banda Aceh sangat bersahabat untuk dikunjungi oleh traveler, baik untuk yang pertama kali atau pun yang sudah sering bepergian. (detik.com)

BAGIKAN

KOMENTAR