Abi Mudi: Apa Permintaan Terbaik Kita Kepada Allah

0
270
koleksi Abi Mudi

SAMALANGA | LA- Dalam pengajian Syarah Hikam bersama Guru kami Abi Zahrul Fuadi Mubarak, kebetulan disinggung kembali satu petikan hikmah hikam sebelumnya tentang perihal yang sering kita pertanyakan, “Apa doa terbaik yang seharusnya kita minta kepada Allah?.” Dalam hal ini Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari berkata:

خير ما تطلبه منه ما هو طالبه منك

“Sebaik-baik perkara yang Kamu minta kepada Allah adalah apa yang menjadi permintaan Allah kepada mu.”

Dalam menjabarkan maksud dari kalam Hikam ini Abi MUDI memberi perumpamaan bahwa interaksi kita dengan Allah hampir sama dengan apa yang kita rasakan sehari-hari. Ketika menyampaikan proposal permohonan bantuan kepada Pemerintah misalnya, bila proposal kita sesuai dengan program Pemerintah, maka permintaan itu akan cepat diterima. Sebagai contoh Pemerintah memiliki program swasembada beras, maka bila proposal permintaan kita seputaran bibit, pupuk, tentu akan cepat terkabul. Namun lain halnya bila yang kita minta di luar program Pemerintah, biasanya proposal kita akan ditolak dengan alasan tidak ada alokasi anggaran.

Nah seperti itulah bayangannya hubungan kita dengan Allah. Bila memang permintaan kita seperti apa yang Allah inginkan dari kita tentu permintaan seperti itu akan lebih cepat kepada terkabul. Maka mohonlah kepada Allah agar kita diberikan taufiq, diberikan kekuatan dan keistiqamahan dalam beribadah kepadaNya, serta mohon penjagaan agar tidak terjerumus dalam dosa, karena itu semua sesuai dengan apa yang Allah inginkan dari kita. [iqbal/MH]

BAGIKAN

KOMENTAR