Aksesoris Haji Mulai Pesan Oleh Jamaah

0

20140915-toko-oleh-oleh-haji-ud-mandiri

BANDA ACEH – Calon Jamaah Haji (CJH) Banda Aceh dan Aceh Besar sudah mulai memesan oleh-oleh haji di sejumlah toko yang menyediakan aksesoris haji di Pasar Aceh, Banda Aceh. Sejumlah oleh-oleh yang sudah dipesan, antaranya ceret dan talam berwarna kuning, tasbih, sajadah, peci, kurma, kismis, dan air zam-zam.

Dayat, Pegawai Toko Aksesoris Haji di Pasar Aceh, mengatakan pemesanan oleh-oleh tersebut dilakukan oleh keluarga jamaah maupun jamaah itu sendiri dan barang tersebut diambil saat jamaah sudah tiba lagi di Tanah Air

“Pembeli kasih panjar dulu saat pesan barang. Tiap jamaah yang pesan oleh-oleh haji ini jumlah belanjaannya Rp 1 sampai 3 juta,” kata Dayat, Minggu, 6 September 2015.

Dia menyampaikan barang-barang tersebut akan didatangkan dari Malaysia dan Jakarta. Dia menambahkan, pemesanan oleh-oleh haji meningkat saat pertengahan haji, meskipun jamaah sudah berada di Tanah Suci, masih ada keluarga jamaah yang memesannya.

“Terkait dengan harga, hingga saat ini masih normal seperti tahun lalu. Kecuali, air zam-zam yang sebutnya mengalami kenaikan harga sejak sebulan yang lalu,” ungkapnya.

Tahun sebelumnya air zam-zam dengan ukuran 10 liter juga mengalami kenaikan harga dari Rp 360 ribu menjadi Rp 800 ribu. Sedangkan tahun ini harganya bisa mencapai Rp 900 ribu – Rp 1 juta. Sementara yang ukuran 5 liter, sebutnya belum diketahui adanya kenaikan harga, apabila tidak mengalami kenaikan, maka harganya Rp 500 ribu.

“Kenaikan harga tersebut karena sedang musim haji,” ujarnya.

Menurutnya lagi, keterbatasan barang yang boleh dibawa pulang jamaah ke Tanah Air membuat jamaah lebih memilih untuk memesan oleh-oleh haji di daerah yang barang-barangnya langsung dari Jakarta dan Arab Saudi. (Zikri)