Aminullah: MusQi Darul Falah Berkontribusi Besar dalam Melahirkan Generasi Qurani

0

BANDA ACEH |LA – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebut Musabaqah Santri Qurani (MusQi) yang digagas oleh TPA Darul Falah, Gampong Pineung, telah berkontribusi besar dalam melahirkan generasi qurani.

Hal tersebut disampaikannya saat menutup MusQi II TPA Darul Falah, Minggu (13/1/2019) di halaman Masjid Darul Falah. Ajang yang diikuti oleh 28 TPA se-Banda Aceh dengan 15 cabang lomba ini telah berlangsung sejak tiga hari yang lalu.

Usai menyerahkan hadiah kepada para juara ajang dua tahunan itu, di tempat yang sama, Wali Kota Aminullah juga mewisuda sejumlah santri TPA Darul Falah yang telah berhasil merampungkan bacaan iqra satu hingga enam.

“Hari ini saya merasa bangga dan bahagia karena MusQi Darul Falah ini telah berkontribusi besar dalam upaya melahirkan generasi qurani di Banda Aceh. Ajang ini sangat sejalan dengan visi misi pemerintahan kami dengan tiga pilar utama pembangunannya yakni di bidang agama, pendidikan, dan ekonomi,” katanya.

“Secara langsung, kegiatan ini ini sudah mendukung visi ‘Banda Aceh Gemilang dalm Bingkai Syariah’. Untuk itu, MusQi selanjutnya nanti harus digelar lebih besar dan meriah. Pemko Banda Aceh akan mendukung penuh dan membantu apa saja yang dibutuhkan oleh pihak panitia nantinya,” katanya lagi.

Wali kota pun mengharapkan agar TPA-TPA lain di Banda Aceh untuk menggelar acara serupa. “Ajang seperti sangat penting untuk menjauhkan anak-anak kita dari pengaruh pergaulan bebas, Narkoba, hingga dampak negatif dari perkembangan teknologi terumata internet.”

“Terakhir saya ucapkan selamat kepada para juara MusQi II. Bagi yang belum juara, jangan patah semangat. Terus berjuang agar bisa jadi juara dua tahun lagi. Kepada para wisudawan saya juga ucapkan selamat, semoga ananda sekalian dapat menjadi panutan dan pelopor lahirnya insan-insan qurani di Banda Aceh,” katanya.

Sementara itu, pimpinan TPA Darul Falah Ustaz Gufran Akbar mengatakan, TPA yang dipimpinnya merupakan salah satu yang tertua di Banda Aceh. “Berdiri sejak 1992 atau 26 tahun yang lalu, kini kami memiliki 450 santri. Bukan hanya dari Kecamatan Syiah Kuala, tapi juga dari kecamatan lain bahkan dari luar kota” ungkapnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh wali santri yang telah mempercayakan anak-anaknya di TPA Darul Falah. Insyaallah, amanah ini akan kami jaga dengan mendidik mereka semaksimal dan semampu kami. Mohon dukungan dari semua pihak demi kemajuan TPA Darul Falah pada masa mendatang,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut mantan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Syukri, unsur Muspika Syiah Kuala, ustaz-ustazah TPA se-Banda Aceh, aparatur gampong serta ratusan wali santri TPA Darul Falah.