Asisten Sekda Lantik Panitia Haji Aceh

0
267

LIPUTANACEH.COM | BANDA ACEH | Asisten Bidang Keistimewaan, Pembangunan dan Ekonomi Sekda Aceh, Azhari Hasan, atas nama Gubernur melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi/debarkasi Aceh tahun 2015, di Aula Utama Asrama Haji Banda Aceh, Senin 03/08/2015.

Anggota PPIH ini nantinya akan bertugas melaksanakan pelayanan pemberangkatan dan pemulangan para jamaah haji di embarkasi.

Gubernur Aceh dalam teks tertulis yang dibacakan Azhari Hasan mengatakan, dengan adanya penurunan kuota haji 20 persen dari pemerintah Arab Saudi, maka jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang berangkat yaitu 3140 jamaah haji reguler.

Penurunan quota tidak hanya terjadi di Aceh, tapi hampir semua wilayah di Indonesia, bahkan di dunia. Hal ini disebabkan adanya perbaikan berbagai sarana fisik di Mekkah, sehingga banyak ruang yang harus dipakai untuk kegiatan konstruksi.

“Terkait kuota haji yang masih terbatas ini, kami terus berharap agar dapat ditambah sehingga waiting list bisa menurun dari tahun ke tahun,” ujar Azhari.

Azhari Hasan menambahkan, meski masih terjadi pengurangan kuota JCH secara nasional, pemerintah Aceh berharap agar Kementerian Agama dan pihak terkait dapat menambah kuota JCH untuk Aceh tahun depan. Karena sampai tanggal 23 Juli lalu jumlah waiting list (daftar tunggu) jamaah calon haji Aceh sudah mencapai 72.696 orang

“Informasi yang saya dengar, kabarnya tahun depan kuota ini sudah kembali normal karena beberapa perbaikan sudah selesai. Perkuatlah koordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi, agar tahun depan kuota haji Aceh bisa bertambah,” ungkap Azhari. [rls/Jal]