Bahaya Gunakan Earphone Saat Mengemudi

0
374

094059_6

PERTH -Anda sering menggunakan earphone saat mengemudikan mobil? Nampaknya kini Anda harus berhati-hati. Menggunakan earphone saat mengemudi dapat mengurangi konsentrasi dan bisa berdampak fatal baik bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

Dampak fatal yang bisa terjadi jika Anda menggunakan earphone sambil mengemudi salah satunya yaitu kecelakaan. Hal itu disebabkan karena konsentrasi maupun bunyi klakson yang tidak Anda dengar.

Ketua Dewan Keselamatan Jalan Australia, Professor Muray Lampard seperti diberitakan ABC Australia, Senin (2/11/2015) mengatakan, penggunaan earphone dapat mengurangi kewaspadaan pengemudi saat menyetir. Tak hanya itu, jika pengemudi menyetir sambil menggunakan earphone kemungkinan tidak dapat mendengar bunyi sirene darurat polisi, pemadam kebakaran, maupun ambulans yang harus diprioritaskan di jalan.

“Saya sangat prihatin dengan apa yang saya lihat. Banyak pengemudi yang menggunakan earphone dan mereka mendengarkan musik yang sangat kencang. Saat Anda mengemudi, Anda harus konsentrasi dan mampu melihat serta mendengar segala sesuatu di sekitar Anda,” ujar Professor Muray.

Ia melanjutkan, “Kita sebagai pengguna jalan harus melakukan segala sesuatu dengan kekuatan kita untuk menolong hidup orang lain atau dalam situasi darurat yang sedang meregang nyawa. Bisa jadi mereka adalah keluarga Anda atau orang yang Anda kenal yang membutuhkan pertolongan dengan segera.” (detik.com)

BAGIKAN

KOMENTAR