Bappeda Aceh Singkil Adakan Rapat Koordinasi Pendidikan

0
Singkil- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Singkil, Selasa (1/9) di oproom kantor Bupati setempat, mengadakan rapat koordinasi pendidikan.
Kegiatan yang menghadirkan seluruh camat dalam kecamatan Aceh Singkil, LSM, pemerhati pendidikan, para kepala sekolah, dan dinas terkait serta Bappeda Provinsi Aceh itu membahas tentang upaya menciptakan kualitas pendidikan yang andal dan berdaya saing di Aceh Singkil.
Wakil Bupati Aceh Singkil, Dul Musrid saat membuka acara mengatakan, dalam rapat koordinasi ini peserta harus vokus membicarakan mutu guru. Karena salah satu upaya menciptakan kualitas pendidikan harus didukung oleh guru yang berkualitas dan mumpuni.
“Tanpa ada guru yang berkualitas, sehebat apapun sarana dan prasarana pendidikan tidak akan berarti dan bermanfaat dan anak didik yang dihasilkannya tidak akan berdaya saing,” tegas Dul Musrid.
Sebagai nara sumber, turut hadir Kabid perencanaan pembangunan istimewaan Aceh dan kebudayaan Bappeda Aceh,  Mountie Syurga, ST, MM.
Dalam paparannya Mountie menyampaikan,  pemerintah Aceh telah mengalokasi dana untuk sektor pendidikan  sesuai dengan amanat regulasi. Yaitu, 20 % dari sumber anggaran yang tersedia di Aceh.
Namun, dari dana yang relatif besar itu, banyak orang mensinyalir mutu pendidikan Aceh tak kunjung berkembang dan naik secara siknifikan.
Mounti yakin, kualitas pendidikan yang kita dongkrak hari ini melalui dana yang tersedia akan terlihat 20-25 tahun ke depan.
“Investasi pendidikan, tidak dinikmati hari ini melainkan dirasakan pada masa akan datang. Berbuat hari ini dalam peningkatan mutu pendidikan, hasilnya akan kita petik di kemudian hari,” tutur Mounti Syurga, ST, MM.
Turut menyampaikan materi dalam rakor pendidikan tersebut, H. Alfyan, S.Pd, SH, M.Pd dari Dinas Pendidikan Aceh Singkil dan Drs. H. Fajri Yunus, M.Pd.
Selain dalam rakor  dilaksanakan pemaparan materi oleh nara sumber juga dilaksanakan diskusi atau tanya jawab.
Pihak Bappeda, nara sumber, dan peserta pun berhasil menelurkan rekomendasi yang ditujukan kepada DPRK, Bupati, Dinas Pendidikan dan dinas terkait yang ada di Aceh Singkil untuk ditindaklanjuti. ( Kontributor: Sadri Ondang Jaya).