Bener Meriah Bentuk Asosiasi KP-SPAMS Perdesaaan

0
64

Bener Meriah –  Ketua DPMU Bener Meriah, Mulyadi, ST yang di dampingi DC Bener Meriah, Bahagia Ishak, ST, MT, mengatakan,  untuk meningkatkan pelayanan penyedian sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di Kabupaten Bener Meriah, KP-SPAMS telah membentuk asosiasi KP-SPAMS perdesaan tingkat kabupaten, Senin (30/10/18).

Hal itu diungkapkan Mulyadi pers releasenya ke media ini. Sebelum dilakukan pembentukan asosiasi telah dilakukan pelatihan KP-SPAMS desa baru, tanggal 24 – 27 Oktober 2018 dan workshop keberlanjutan dan pengembangan asosiasi tingkat perdesaan kabupaten Bener Meriah, tanggal 27 – 30 Oktober 2018., tambahnya.

“ Kedua kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkat pemahaman keberlanjutan bagi pengusus KP-SPAMS baru”, kata Mulyadi.

Ketika membuka pelatihan Mulyadi minta kepada ketua KP-SPAMS untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat.

“Pelayanan air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan terjun langsung mengelola sarana terbangun di desa, sehingga di bentuk KP-SPAMS masing-masing  desa untuk membantu pemerintah daerah dalam melayani air minum warga”, ujar Mulyadi.

Ditambahkannya, pengelolaan asosiasi tersebut harus terorganisir dengan baik, dimulai dari KP- SPAMS mempunyai kemampuan melakukan operasional dan pemeliharaan sarana air minum dan sanitasi didesanya.

“Keberadaan KP-SPAMS diharapkan dapat lebih menjamin keberlanjutan keberfungsian SPAMS terbangun, termasuk perannya untuk mengembangkan SPAMS agar seluruh masyarakatnya mendapatkan akses yang layak dan aman hingga 100%” , katanya.

Pembentukan Asosiasi

Pada kesempatan yang sama, Saukani, ST utusan DPMU dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) Bener Meriah menjelaskan,  di tingkat kabupaten dibentuk Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan. Asosiasi memiliki peran penting yaitu sebagai perwakilan KP-SPAMS dan sebagai mitra pemerintah dan juga pihak lainnya yang berkepentingan dalam pembangunan air minum perdesaan,

Saukani, ST  mengharapkan kepada,  asosiasi yang terbentuk untuk bekerja dengan iklas dalam melayani air minum di Bener Meriah.

“Asosiasi akan menjadi mitra pemerindah daerah dalam meningkatkan capaian APML, pengurus akan melakukan penambahan keanggotaan asosiasi untuk tahun berikutnya, pengurus akan menfasilitasi kendala di kampung yang menjadi anggota KP-SPAMS baik di tingkat kampung dan kabupaten”  harap Saukani.

 

Dalam pemilihan pengurus asosiasi tersebut telah terpilih pengurus Asosiasi KP- SPAMS Kabupaten Bener Meriah yaitu Ketua M. Iqbal Sitepu, Sekretaris Suhaimi, SE, Bendahara Muslim Abadi, Koordinator Bidang Teknis Zusriadi dan Koordinator Bidang Kesehatan Rudi Sahputra.

“Dengan asosiasi baru ini semoga menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengelola air minum warga,” kata Saukani.

Pada kesempatan  itu pengurus asosiasi oleh Saukani, ST. “Atas nama pemerintah Kabupaten Bener mengukuhkan dan melantik M. Iqbal Sitepu dan pengurus lainnya pengurus asosiasi KP-SPAMS Perdesaan Tingkat Kabupaten Bener Meriah.

Saukani, ST ikut didampingi oleh PPTK, Ardiansyah, ST dan koordinator P3MD Bener Meriah, Iwan Sentosa HS, SP..(ks)

BAGIKAN

KOMENTAR