Berikut Makanan Yang Meningkatkan Kualitas Tidur

0

Liputanaceh.com | Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan. Dalam hal ini, ada strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, salah satunya memperhatikan pola makan.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

Kacang almond

Almond diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena menjadi salah satu sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

Almond juga mengandung magnesium yang berperan dalam mendorong rasa ingin tidur. Hal ini terkait dengan kandungan almon yang mengurangi peradangan. Selain itu, magnesium juga dapat membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol yang mengganggu tidur.

Jika Anda ingin makan almond sebelum tidur, cukup konsumsi 28 gram atau sekitar segenggam kacang almond.

Teh kamomil

Teh kamomil adalah teh herbal populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Secara spesifik, teh kamomil mengandung apigenin. Antioksidan jenis ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Satu studi tahun 2011 pada 34 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 270 mg ekstrak kamomil dua kali sehari selama 28 hari tertidur 15 menit lebih cepat dan nyenyak.

Mereka yang minum teh kamomil juga memiliki gejala depresi yang lebih sedikit.

Kiwi

Dalam studi selama 4 minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam 42 persen lebih cepat dibandingkan saat tidak makan apapun sebelum tidur.

Efek kiwi pada tidur dikaitkan dengan kandungan serotonin. Hormon serotonin adalah zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel pada umumnya dikenal sangat sehat karena kaya akan omega-3 dan vitamin D.

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur karena meningkatkan produksi serotonin.