Bingung Mendapatkan TOAFL Bersertifikat Internasional? Solusinya ada di Ummul Ayman Samalanga

0

SEIRING waktu bergulir zaman terus berubah, menjawab tantangan era industri 4.0 Dayah Ummul Ayman Samalanga berusaha untuk membawa “reformasi” di bidang pendidikan, salah satunya di bidang bahasa Arab.

Umumnya dunia dayah berbicara bahasa Arab sudah menjadi pakaian tersendiri, setiap saat selalu bergelut dengan kitab turast klasik. Qaidah Arab dari berbagai perspektif baik nahu, saraf, bayan, maupun lainnya sudah pasti “sajian” setiap hari.

Namanya manusia di balik kesempurnaan, pasti ada kekurangannya dalam berbahasa Arab, diantara kemampuan untuk berdialog dan memahami bahasa Arab muasirah (modern).

Menjawab fenomena itu pimpinan Dayah Ummul Ayman Samalanga Waled Nuruzzahri mendirikan lembaga bahasa Arab bertaraf internasional yang mendapatkan sertifikat kemampuan Berbahasa Arab bertaraf internasional dari Leipzig University Jerman.

Akhirnya melalui lembaga bahasa itu didirikan yang dikelola di bawah arahan Tgk. Abdul Hamid, Lc, MA salah seorang guru senior setempat yang juga alumni Al-Azhar Mesir.

“Alhamdulillah, sejak tahun ini (2019) lembaga pendidikan Bahasa Arab bertaraf internasional Arabiyya Institute Leipzig Jerman telah didirikan di Ummul Ayman Samalanga dibawah arahan Waled Nuruzzahri sebagai cabang dari UIN Sunan Ampel Surabaya,” katanya yang merupakan putra kelahiran Kembang Tanjung, Pidie.

Mahasiswa program doktor yang kini sedang menempuh pendidikan di Timur Tengah itu menambahkan program tersebut merupakan sebuah aplikasi belajar bahasa Arab lewat computer terkoneksi internet yang dirancang oleh Arabiyya Institute Leipzig Jerman. Di samping mendapatkan buku ajar, pelajar dapat mengakses internet langsung untuk belajar setelah membeli akun aplikasi itu.

Lembaga pendidikan Bahasa Arab yang didirikan oleh Prof. Dr. E. Schul guru besar bahasa Arab dari Universitas Leipzig salah satu University ternama di Jerman itu telah membuka cabang sekitar 104 di berbagai negara. Di Asia Tenggara UIN Sunan Ampel, Surabaya sebagai perwakilannya. Sedangkan
perwakilan untuk Aceh di dayah Ummul Ayaman Samalanga.

“Sejak tahun 2019 mahasiswa yang mengambil TOAFL melanjutkan program pendidikan luar negeri, umumnya mengikuti program bahasa Arab di Arabiyya Institute Leipzig Jerman tersebut. Di nusantara ini dapat dikatakan hanya ada dua tempat lembaga bahasa tersebut UIN Sunan Ampel Surabaya dan Ummul Ayman Samalanga. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor kontak 085217900078, ” lanjutnya yang masih merelakan predikat jombo demi pengembangan ta’limul ilmi dan membahagiakan gurunya.

Tentunya dengan adanya lembaga bahasa tersebut di Indonesia khususnya Aceh di Ummul Ayman, setidaknya berbagai persoalan dan fenomena yang berkaitan dengan pengembangan bahasa Arab baik TOAFL dan lainnya terjawab sudah. Sarana dan prasarana telah ada, tinggal kemauan kita untuk menjemput dan mengikutinya. Terlebih untuk mahasiswa yang memerlukan TOAFl dan lainnya. Masihkah Kita terkekang langkah dan ego untuk memulainya? Wallahu Alam Bishawab