BPS Aceh : Bahan Bangunan Dapat Memberikan Inflasi di Aceh

0

Aceh | LA – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Wahyudin MM, menyebut sejumlah bahan bangunan di Aceh turut memberikan inflasi cukup tinggi di Aceh, hal itu disampaikan Wahyudin pada pertemuan dengan awak media di kantor BPS Aceh, Senin 2 Oktober 2017, pagi tadi.

“Ada beberapa komoditi berpengaruh seperti sayuran, yang mempengaruhi inflasi kita, bahan bangunan seperti semen dan pasir jiga cukup tinggi memberikan inflasi di Aceh,” kata Wahyudin.

Disamping itu lanjut dia, bidang transportasi dan di bidang kesehatan justru memberikan deflasi. “Seperti transportasi malah deflasi, kesehatan dan bahan penunjang kesehatan seperti pasta gigi dan shampo yang memberikan deflasi, yang lain banyak memberikan inflasi,” sebutnya.

Kepala BPS Aceh ini juga memberikan tanggapan terhadap pertanyaan awak media yang meminta penjelasan ekspor kopi dari Aceh baik ke luar daerah aupun eluar negeri. “Komoditi kopi kita cukup terkenal bahkan hingga internasional, tapi eksportir kita berasal dari luar Aceh dan diekspor melalui luar Aceh seperti dari Medan. Selain itu juga pinang, bahan tahan lama yang dari Aceh diekspor dari luar Aceh ke luar negeri,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, ketika barang-barang diekspor dari luar ke Aceh, maka nilai tambahnya ada diluar. “Kita juga ada nilai tambah tapi lebih banyak diluar. Sarannya, agro industri kita harus dipegang dan dikemas dengan baik supaya lebih punya nilai tambah,” harapnya. (Hidayat Pulo Aceh)