Bupati Bener Meriah dan Gubernur Aceh  Disambut KJRI Istanbul, Dalam Promosi Kopi Gayo

0
33
IST

ISTANBUL | LA- Bupati  Bener Meriah Ahmadi, SE selaku pimpinan degelasi dari Kabupaten setempat pada Rabu 20 September 2017, bersama Gubernur Aceh drh. Irwandi Yusuf  disambut langsung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Istanbul Heri Sudrajat dan beberapa staf KJRI serta para mahasiswa Aceh yang menuntut ilmu di Negara tersebut.

Sebelumnya, Kontingen Aceh yang akan mempromosikan kopi Gayo dalam ajang Istanbul Coffee Festival di Kucukciflik yang dipimpin langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tersebut tiba dibandara Atauturk Airport Istanbul Turki, sekira pukul 12:30 waktu setempat.

Gubernur Aceh dalam pertemuan dengan KJRI dan para mahasiswa disana menyampaikan, tujuan dari kedatangan Pemerintah Aceh ke Turki untuk mempromosikan kopi Arabika Gayo di Istanbul Festival Coffee.

“tujuan utama kami ke Istanbul ini ingin mempromosikan kopi Arabika Gayo di Negara Turki dan Eropa ini. Selain itu, kami juga ingin menawarkan investasi kepada para pengusaha Turki yang berminat beriminat berinvestasi di Aceh dalam berbagai bidang dan mempromosikan wisata dan budaya Aceh di Turki,” ujar Irwandi.

Selanjutnya, dalam pertemuan itu, Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE menyampaikan persiapan delegasi Kabupaten Bener Meriah telah matang untuk mengikuti Istanbul Festival Coffee yang akan mulai pada Tanggal 21 hingga 25 September 2017.

“persipan tim kita sudah matang, karena kami sudah mempersiapakan segala sesuatunya selama sebulan kebelakang,”ucap Ahmadi.

Dia juga menerangkan, tim delegasi dari Kabupaten Bener Meriah yang hadir dalam ajang Istanbul Festival Coffee 2017 itu terdiri dari pengusaha kopi, barista, dan key grader terbaik yang siap mempromosikan kopi Gayo kepada penikmat kopi Eropa dengan membawa beberapa sampel kopi specialty terbaik yang dimiliki Kabupaten Bener Meriah.”ujar Bupati.

Sebagaimana diketahui, sebelum beranjak ke Turki, bupati negeri diatas awan itu sebelumnya kepada awak media telah menyampaikan harapannya pada acara Istanbul Festival Coffee Turki ada buyer yang langsung membeli kopi Arabika Gayo dari pengusaha yang ada di Kabupaten Bener Meriah, karena selama ini Turki hanya mendapat kopi Gayo dari para pedagang kopi Eropa.

Diakhir sambutanya, Ahmadi yang digelari oleh Gubernur Aceh “anak ajaib” itu menyampaikan harapannya agar hubungan perdagangan kopi Gayo bisa terjalin.

“kami berharap dengan dukungan dari bapak Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Konjen RI di Istanbul ini, hubungan perdagangan kopi bisa terjalin dengan baik setelah festival ini,”harap Ahmadi.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Bener Meriah memberikan cendera mata kepada Heri Sudrajat selaku Konjen RI Untuk Turki berupa bubuk kopi Arabika Gayo yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Bener Meriah.

Sementara itu Konjen RI Heri Sudrajat dalam pertemuan itu mengapresiasi Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang telah hadir ke Turki dan bersedia mempromosikan kopi Aceh di Istanbul.

“kami sangat mengapresiasi kedatangan rombongan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah ke Turki dalam upaya mempromosikan salah satu komoditi kebanggaan Indonesia pada umumnya dan Aceh pada khususnya.” papar Heri dalam pertemuan itu. (rel)

 

BAGIKAN

KOMENTAR