Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

0

Liputanaceh.com,Jakarta | Sakit gigi bisa sangat mengganggu. Redakan sakit gigi yang mengganggu dengan sederet cara alami berikut.

Rasa nyeri di sekitar gigi umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi, infeksi gusi, tambalan gigi yang rusak, dan gerakan berulang termasuk mengunyah permen karet.

Tak hanya menimbulkan rasa nyeri, sakit gigi juga bisa membuat area rahang membengkak, menimbulkan bau mulut, sakit kepala, hingga demam.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Alih-alih menggunakan obat, ada beberapa cara alami untuk meredakan sakit gigi sebelum berkonsultasi pada dokter :

1. Kumur air garam

Kumur-kumur dengan air garam menjadi andalan pertolongan pertama saat sakit gigi. Air garam menjadi desinfektan alami untuk membantu meluruhkan partikel dan serpihan sisa makanan di antara sela gigi. Air garam juga akan membantu mengurangi peradangan dan luka yang timbul di mulut.

Anda cukup mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur setelah menggosok gigi atau tiga kali sehari hingga rasa sakit mereda.

2. Kompres dingin

Kompres dingin mampu membantu meredakan rasa sakit di area rahang. Suhu dingin akan membuat pembuluh darah mengerut sehingga rasa sakit berkurang. Kompres ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Namun, jangan mengaplikasikan potongan es langsung pada kulit. Sediakan kain untuk membungkus es dan tempelkan pada area yang bengkak selama 20 menit. Ulangi tiap beberapa jam.

3. Kompres kantung teh peppermint

Selain kompres dingin dengan es, Anda juga bisa mengompres area gigi yang sakit dengan kantung teh peppermint. Kantung teh yang sudah diseduh sebaiknya dibiarkan dalam suhu ruang hingga tidak terlalu panas, baru tempelkan pada area gigi atau gusi yang bengkak.

Metode lainnya, kantung teh bisa disimpan di kulkas sehingga lebih berfungsi sebagai kompres dingin. Simpan di freezer selama beberapa menit dan aplikasikan pada area yang bengkak.

4. Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang mampu melawan bakteri secara alami. Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Namun, jika tidak memungkinkan, bawang putih bisa dihaluskan hingga menjadi pasta dan bubuhkan pada area yang sakit.

5. Minyak cengkeh

Sejak zaman dulu, cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh secara efektif mampu mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami di dalam cengkeh akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Anda cukup menyiapkan minyak cengkeh dan bola kapas atau cotton bud. Oleskan minyak dengan bantuan kapas ke area yang terinfeksi. Minyak cengkeh juga bisa dilarutkan dengan minyak penyerta seperti minyak zaitun. Setetes minyak cengkeh dan segelas air pun bisa menjadi obat kumur di sela pengobatan secara topikal.