Cegah COVID-19, Warga Blang Dalam Pijay Gelar Doa Tolak Bala

0

PIDIE JAYA I Liputanaceh.com Mewabahnya Virus Corona (COVID-19) yang melanda dunia termasuk Indonesia. Dalam rangka mencegah Virus tersebut yang sedang mewabah, lautan warga Gampong Blang Dalam, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, keliling gampong bawa obor sambil  membaca doa tolak, Rabu (25/3/2020) malam.

Dipimpin imum gampong Blang Dalam Tgk. Junaidi yang merupakan alumni Dayah Ruhul Fata Seulimuen dan seluruh perangkat gampong Keuchik, tuha peut dan elemen lainnya juga warga berjalan kaki dengan membawa obor mengelilingi seputaran jalan kawasan gampong setempat.

Terlihat warga gampong baik anak-anak, remaja, pemuda juga kalangan tua sangat kompak ikut dalam acara doa tolak bala tersebut.

“Alhamdulillah, Kegiatan bersama ini merupakan hal yang dilakukan oleh orang tua kita dahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah agar terhindar dari segala penyakit maka kegiatan seperti ini perlu kita galakkan kembali,” ujar Mustafa salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Ia menyebutkan saat ini kita sedang merebaknya virus corona maka  sangat butuh pada pertolongan Allah.

“Di samping berikhtiar dengan tetap menjaga kesehatan, juga kita tidak lupa berdoa terhadap wabah COVID-19 yang sedang melanda saat ini dan tidak perlu khawatir dan panik terhadap virus corona karena corona juga mahkluk Allah.,” sambungnya.

Warga Blang Dalam Bandar Dua Pidie Jaya Menggelar Doa tolak bala dengan mengelilingi gampong setempat. (HAB/LA)

Informasi yang dihimpun media ini, pelaksanaan doa tolak bala telah dilakukan semenjak beberapa malam yang silam, kegiatan ini yang dipimpin Imum Gampong setempat dimulai dengan shalat magrib berjamaah, baca Yasin Fadhilat hingga shalat Insya berjamaah.

Sementara itu, Tgk. Heri salah seoramg tokoh muda setempat menyebutkan warga Gampong Blang Dalam melakukan doa tolak selama sepekan dalam dua tahap doa di Meunasah dan melanjutkan dengan keliling gampong, serta membaca Wakulja dengan serentak yang merupakan salah satu doa tolak bala.

“Insya Allah kegiatan doa tolak bala di Meunasah akan berlangsung hingga sepekan dan keliling akan dilakukan malam Sabtu ini dan diharapkan kepada masyarakat obor (suwa) di simpan dengan bai ,” tambahnya dalam arahannya saat keliling doa tolak bala berakhir di meunasah setempat.