Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Resmikan Bedah Rumah Ke-2 Bagi Masyarakat Kurang Mampu Di Perbatasan

0

LIPUTANACEH.COM , Komandan Satuan Tugas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P meresmikan program bedah rumah yang ke 2 bertempat di Kp. Salimangu Dsn. Bautasik Ds. Kabuna Kec. Kakuluk Mesak Kab. Belu.

Rumah ke 2 yang diresmikan oleh Dansatgas adalah Rumah milik Ibu Agustina Dos Santos (47 th) yang tinggal bersama kedua cucunya a.n Paustino dos Santos dan Inasio dos Santos. Rumah Agustina dipilih menjadi sasaran bedah rumah karena rumah ibu tersebut tidak layak huni selain beralaskan tanah, dapur yang tidak layak serta ada beberapa bagian rumah yang sudah mulai rusak, ibu Agustina juga adalah orang yang tidak mampu karena tinggal seorang diri dan harus menafkahi kedua cucunya.

Proses Pengerjaan bedah rumah ini dilaksanakan oleh 10 orang anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh dan dibantu oleh beberapa masyarakat sekitar dengan lama pengerjaan kurang lebih memakan waktu 10 hari. Kegiatan peresmian bedah rumah ini juga dihadiri oleh pejabat kecamatan, pejabat desa, Pak RT setempat, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat setempat. Peresmian bedah rumah ditandai dengan penyerahan Kunci oleh Dansatgas kepada pemilik rumah Ibi Agustina Dos Santos.

Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo mengatakan kegiatan bedah rumah ini bisa berjalan karena ada koordinasi yang terjalin baik anatara masyarakat, pejabat setempat dan Satgas Yonif Raider 408. “Hari ini kita berbagi kasih, berbagi kebahagian dengan Agustina Dos Santos karena hari ini kita sama – sama dapat meresmikan program bedah rumah ini, bedah rumah yang kami lakukan bukan sasaran fisik yang menjadi tujuan utamanya karena apabila dilihat ini bukan rumah yang mewah, akan tetapi kami dari Satgas ingin berbagi kepada Saudara – saudara kami yang benar – benar membutuhkan bantuan di daerah perbatasan ini”. Ungkapnya.

Mayor Joni menambahkan ini rumah kedua yang diresmikan oleh satgas, sebelumnya Satgas bekerja sama dengan Kodim 1605/Belu untuk membedah salah satu rumah masyarakat tidak mampu di daerah Fatubenau dan itu sudah di resmikan. “Ini rumah kedua yang sudah kita resmikan kedepan kita juga akan meresmikan bedah rumah di daerah asulait yang sekarang masih dalam tahap pengerjaan, kita perkirakan 10 hari kedepan akan selesai dikerjakan”. Ungkapnya.

Kami akan selalu berkoordinasi dengan seluruh elemen masyarakat agar program bedah rumah kedepan bisa berjalan dengan lancar sehingga kita bisa membedah lebih banyak rumah untuk masyarakat yang tidak mampu di daerah perbatasan. “Kedepan kami masih ada program bedah rumah yang masih dalam tahap pengerjaan diantaranya di Asulait, Mahen, Dafala dan di daerah Turiscain dan kami akan selalu bekerja sama dengan semua elemen agar pelaksanaan bedah rumah ini bisa berjalan dan bisa diselesaikan tepat waktu”, Tambah Mayor Joni.

Dalam kesempatan itu juga Carlos Dos Santos yang mewakili pihak keluarga mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif Raider 408/Sbh yang telah membantu membedah rumah Ibu Agustina Dos Santos sehingga menjadi rumah layak huni seperti yang kita lihat sekarang. “Kami mewakili keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Yonif Raider 408/Sbh atas kepeduliannya terhadap masyarakat yang tidak mampu di daerah perbatasan seperti Ibu Agustina dan kedua cucunya.

Program bedah rumah dilaksanakan karena kepdulian Satgas Yonif Raider 408/Sbh kepada Masyarakat yang tidak mampu di daerah perbatasan sesuai dengan salah satu visi dan misi Satgas Yonif Raider 408/Sbh yaitu “Wujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dengan mengatasi kesulitan Rakyat sekelilingnya”.