Dayah Darul Ulum Al Fata Kayee Kunyet Terapkan Metode Al Miftah dan Tahfizul Qur’an

0

ACEH BESAR|LA-. Dayah Darul Ulum Al Fata yang terletak di sudut Desa Kayee Kunyet Kecamatan Blang Bintang kabupaten Aceh Besar ini menerapkan KBM dengan Metode baru, yaitu Metode Al Miftah Lil ‘Ulum. Metode ini sendiri merupakan metode Unggulan Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (1/7/2019)

Penerapan Metode ini dengan tujuan agar Santri  dengan mudah serta cepat dalam membaca dan memahami Kitab  dan Kaedah Arab. Metode ini dan tahfizul Qur’an sudah Berjalan selama 1 Bulan penuh dengan Target 1 tahun santri mampu membaca dan memahami Kitab serta mampu menghafal Al-Quran.

Tgk. H. Marwan Abdullah atau yang di kenal dengan sebutan Baba Marwan selaku pimpinan Dayah menyampaikan penting menerapkan metode ini dengan tujuan agar para santri tidak jenuh dalam belajar dan keaktifan dalam Kegiatan belajar mengajar itu akan terlihat.

“Alhamdulillah ini merupakan Program yang bagus, kami ingin setiap Santri Darul Ulum Al Fata harus bisa Menghafal Al Quran dan memahami Kitab  ketika mereka berkiprah di masyarakat nantinya dan untuk  Ramadhan tahun ini, kami mengirim 4 orang Guru ke Pondok Pesantren Sidogiri  untuk mempelajari Metode al Miftah selama 2 Minggu, sedangkan untuk Guru Tahfiz, kami mendatangkan langsung dari Pondok Sidogiri pula,” pungkas Baba Marwan saat Pertemuan Wali Santri untuk menyambut tahun Pelajaran 2019/2020.

Hal yang senada juga di ungkapkan oleh Tgk. Bahagia,”Pogram ini sangat bagus dan perlu kita terapkan, karena kami sebagai pengurus menginginkan santri Dayah Darul Ulum Al Fata nantinya berkiprah di masyarakat bisa menghafal al Qur’an, membaca kitab serta memahami keduanya, karena itu adalah landasan hukum islam dan kita wajib mempelajari dan dukungan dari semua pihak, terutama Wali santri Agar Program ini berjalan sesuai yang kitab harapkan,” ujarnya.

Selain Metode Al Miftah Lil ‘Ulum dan Tahfizul Qur’an, Dayah Darul Ulum Al Fata Kayee Kunyet Juga menyelenggarakan Pendidikan Formal jenjang SMP dan SMA yang sudah Berjalan selama 1 tahun. “Alhamdulillah SMP dan SMA IT AWJA kita sudah Berjalan selama 1 tahun penuh dan memasuki tahun kedua, dengan harapan  SMP dan SMA IT AWJA mampu menciptakan generasi yang Mandiri, Intelektual, agamis serta berkarakter mulia.” ungkap Tgk. H. Muslem, Lc selaku Kepala SMP IT Awja.[rel]