Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Berhasil Memboyong Tiga Juara Lomba Opini IPSA

0
358

BANDA ACEH I LA- Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga berhasil meraih “juara umum” katagori santriawan dengan memboyong tiga gelar dari lima juara dalam perlombaan karya ilmiah populer (opini) yang diselenggarakan oleh Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA) setelah panitia mengumumkan sang juara baik untuk santriawan maupun santriwatinya serta penyerahan hadiah di gedung PPS UIN Ar-Raniry Banda Aceh kemarin.

” Alhamdulillah, tahun ini berhasil memboyong tiga juara sang sekaligus mulai juara pertama dan kedua serta juara lima dan hendaknya dapat prestasi ini dapat di aplikasikan kepada santri lainnya,” kata Tgk. Boyhaki salah seorang sang juara dengan judul ” Jihad Narkoba, Mengapa Harus Takut?” kepada redaksi, sabtu, (11/11/2017).

Ia berharap even perlombaan menulis opini di kalangan dayah perlu di tingkatan terlebih saat ini banyaknya organisasi berbasis Dayah di Aceh. Namun disamping itu pembinaan terhadapnya para santri dalam dunia tulis menulis juga sangat di butuhkan.

” Dunia tulis menulis (literasi) sebenarnya itu milik para ulama sejak dulu telah di buktikan dengan banyaknya karya tulis berjilid yang di kenal dengan turast klasik, hendaknya kita perlu melestarikannya walaupun santri Aceh masih minim berkiprah untuk melahirkan karya tulis makanya perlombaan perlu ditingkatkan plus pembinaannya,” papar santri kelas Ma’had Aly MUDI kelahiran Jambi itu.

Tgk. Boyhaki menyebutkan di dayah perlu di cetuskan semacam kursus literasi dan jurnalistik dan itu sebuah keniscayaan.

” Menjawab fenomena untuk pengembangan dakwah lewat literasi dan jurnalistik di dayah perlu di lahirkan semacam ” Balee Literasi dan Jurnalistik” (RLJ) dan sejenisnya semacam ” Dayah Jurnalistik dan Literasi” (DJL) serta jenis lainnya,” pintanya. (EM)