Di Pembukaan Acara Bahtsul Masail, Ini Seruan Kadis Dayah

0

BANDA ACEH | LA –– Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny dalam sambutannya saat mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam pembukaan acara forum Mubahasah Bahtsul Masail pada Senin Malam (29/7) di Hotel Al-Hanifi Banda Aceh menyerukan pada seluruh dayah-dayah di Aceh agar dapat membentuk Lembaga (Lajnah) Bahtsul Masail.

Pembentukan lembaga tersebut sebagai bentuk memperkaya khazanah keilmuan dan juga dalam rangka menjawab problematika umat dalam perspektif islam.

Kadis mengatakan ini semua untuk membuktikan bahwa Dayah di Aceh tidak hanya melaksanakan proses belajar mengajar saja di dayah, akan tetapi, juga menjadi “problem solving” bagi masyarakat

Menurutnya, Ulama dayah adalah sosok yang menjadi pencari jalan keluar di tengah persoalan umat, Usamah menyebutkan bahwa Bahtsul Masail adalah salah satu bentuk Konstribusi kongkrit Ulama dayah dalam memberikan pencerahan untuk Ummat.

Untuk itu, Kepala Dinas Dayah berharap kepada Dayah agar dapat membentuk Lembaga Bahtsul Masail, dengan harapan jika ada persoalan di daerahnya, langsung dapat bisa mencarikan solusi untuk menyelesaikannya.

” Ini juga untuk memperlihatkan bahwa kalangan dayah mampu dan hadir dalam menjawab persoalan untuk masyarakat, yang mana nantinya, anggota dari Lajnah Bahtsul Masail itu adalah SDM-SDM terpilih dari dayah,” harapnya.

Sebagai informasi, Dayah di Aceh yang sudah memiliki Lajnah Bahtsul Masail adalah Dayah MUDI Mesra Samalanga, Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, dan Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng.[]