Dimulai Dari Aceh, Ekspedisi Kapsul Mimpi Diluncurkan

0

DSC_0845

BANDA ACEH – Gerakan Ayo Kerja melaksanakan ekspedisi kapsul waktu 2085 dimulai dari Aceh dan akan berakhir di Marauke, Papua. Kegiatan yang difasilitasi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Selasa (22/09/2015).

Koordinator Panitia Daerah Aceh, Samsul B Ibrahim mengatakan ekspedisi kapsul waktu 2085 atau kapsul mimpi merupakan rangkaian agenda Gerakan Ayo Kerja yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“Ekspedisi itu bertujuan untuk menghimpun aspirasi masyarakat dalam mengisi pembangunan Indonesia melalui gerakan budaya, sosial, dan ekonomi,” ujar Samsul.

Samsul mengatakan dalam kapsul tersebut disimpan mimpi-mimpi rakyat Aceh untuk 70 tahun mendatang. Subtansi kegiatan yang dicanangkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo nantinya akan merumuskan mimpi dan harapan masyarakat di seluruh Indonesia untuk pembangunan Indonesia 70 tahun mendatang.

Kapsul tersebut nantinya akan dibawa menggunakan 4 mobil melewati 34 provinsi, mulai dari Aceh hingga titik terakhir di Papua yang membutuhkan waktu selama 96 hari jarak tempuh 30.500 Km.

Kapsul tersebut nantinya akan disimpan di provinsi paling ujung Indonesia dan pada tahun 2085 nanti akan dibuka harapan-harapan tersebut dari seluruh Indonesia.

Samsul B Ibrahim mengatakan, kapsul waktu tersebut akan disimpan dan dijaga di Merauke, Papua. Kapsul tersebut baru akan dibuka dan dibaca 70 tahun kemudian.

“Kita akan melihat nanti apakah semua mimpi anak Indonesia ini dari Aceh sampai Papua akan terwujud atau tidak. Nanti, akan diketahui 70 tahun dari sekarang,” kata Samsul B Ibrahim. (Zikri)