Dinsos Asel: Dana Bantuan Keserasian Sosial, Untuk Cegah Konflik

0
Plt. Kepala Dinas Sosial Drs. Dumairi Aceh Selatan saat menyampaikan sosialisasi didampingi, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Drs. Juprisal didampingi unsur Muspika Kecmatan Labuhanhaji dan Ketua Forum Keserasian Sosial Berkat Yakin, Sudirman, yang juga diketahui sebagai Keuchik Gampong Pisang. (Foto/FJ)

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Forum Keserasian Sosial Berkat Yakin Gampong Pisang, Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan, melaksanakan kegiatan Serasehan Keserasian Sosial Tahap 1 2019 di Gampong Pisang Jum’at (11/10/2019). Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Forum Keserasian Sosial dan Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan.

Hadir dari Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan yakni,  Plt. Kepala Dinas Sosial Drs. Dumairi, Kabid Linjamsos Drs. Juprisal dan Pendamping Keserasian Aceh Selatan Sosial Herdiansyah Putra. Tak ketinggalan unsur Muspika dan  Perangkat serta warga Gampong Pisang turut ambil bagian menyukseskan kegiatan tersebut.

Ketua Forum Keserasian Sosial Berkat Yakin, Sudirman, yang juga diketahui sebagai Keuchik Gampong Pisang, menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan Serasehan Keserasian Sosial Tahap 1 2019, untuk mensosisalisasikan kepada masyarakat maksud dari Keserasian Sosial dan rencana alokasi Dana Bantuan dari Kemensos RI yang telah berhasil dijemputnya belum lama ini di Jakarta dengan dukugan dari berbagai pihak terkait.

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari saudara-saudara warga Gampong Pisang, pihak Kecamatan dan Dinas Sosial, kitalah satu-satunya Keuchik yang berhasil menjemput dana bantunan sosial langsung ke Kementerian Sosial RI,” ucap Sudirman berapai-api.

“Dana bantuan tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan MCK dan saluran limbah pembuangan, yang mesti dilaksanakan oleh warga Gampong Pisang dengan bergotong royong, secara bergilir dan harus dipertanggung jawabkan secara akuntable dan tranparan,” kata Sudirman

Plt. Kepala Dinas Sosial Aceh Selatan Drs. Dumairi dalam sosialisasinya menyampaikan, melalui program Forum Keserasian Sosial, tugas Dinas Sosial Aceh Selatan yang diamanahkan oleh Kemensos RI dengan menyalurkan dana bantuan sosial adalah untuk mencagah atau memberantas konflik, yaitu:

  1. Memberantas konflik antara manusia dangan manusia
  2. Memberantas konflik antara manusia dengan alam
  3. Memberantas konflik antara manusia dengan hewan
  4. Memberantas konflik antara manusia dengan kebudayaan termasuk konflik Agama
  5. Memberantas konflik sosial ekonomi masyarakat

“Dengan demikian diharapkan dapat terwujud keserasian sosial, keharmonisan, tolenransi, sikap peduli satu sama lainnya dan budaya gotong royong hidup kembali ditengah masyarakat kita, sebagaimana yang penah diterapkan oleh pnedahulu kita dimasa lalu,” sebut Dumairi.

Lebih lanjut Kabid Linjamsos Dinas Sosial Aceh Selatan Drs. Juprisal menambahkan, bantuan dana dari Kemesos RI sebesar Rp. 150.000.000,-. Di Aceh Selatan hanya dua Gampong yang memperoleh dana bantuan serupa, pertama Gampong Gunung Ketek di Kecamatan Samadua dan Gampong Pisang di Kecamatan Labuhanhaji untuk mewujudan keserasian Sosial ditengah masayakat kita.

Yang dimaksud Keserasian Sosial itu adalah, kondisi sosial yang menjamin terciptanya relasi dan interaksi yang baik antar warga masyarakat yang dinamis, selaras dan seimbang untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesertaan, kebersamaan dan kesetaraan.

Jika dengan dengan adanya bantuan dana dari Kemensos RI dapat mewujudkan hal yang demikian, kemungkinan untuk selanjutnya dana bantuan tersebut akan kembali disalurkan pada tahun anggran berikutnya. “Namun jika sebaliknya, dana bantuan tersebut malah berpontensi melahirkan konflik, jangan harap bantuan serupa dari kemensos RI akan sampai ke Gampong Pisang dimasa yang akan datang,” tegas Juprisal.