Doto Zaini Takziah ke Rumah (Alm) Iklil Ilyas Leube

0
366

LIPUTANACEH.COM | BANDA ACEH | Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah bersama sejumlah pejabat Pemerintah Aceh bertakziah ke rumah duka tokoh Gayo (alm) Iklil Ilyas Leube di Kampung Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah. Senin, 03/08/2015.

Doto Zaini bersama rombongan tiba di kota dingin dataran tinggi Gayo sekitar pukul 13.20 WIB. Kedatangan orang nomor satu di Aceh ini disambut haru pihak keluarga almarhum dantokoh masyarakat tanah Gayo. Tampak hadir juga, Wakil Bupati Aceh Tengah, Rusli M. Saleh, Dandim 0106, Kapolres Bener Meriah dan sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Gubernur menyampaikan belasungkawa dan duka cita yang mendalam. Zaini menyatakan kehilangan tokoh seperjuangan sekaligus seorang saudara. Menurutnya, sosok putra (alm) Tgk Ilyas Leube itu, merupakan tokoh pemersatu Gayo yang tegas namun santun, merakyat dan berkharisma. Doto Zaini berpesan, keluarga yang ditinggalkan agar tetap tabah dan sabar.

“Kami berduka cita, semoga almarhum mendapat tempat yang indah disisi Allah SWT,” kata Zaini, saat diterima isteri almarhum Hadrah dan ibunda almarhum, Hj. Salamah.

Kedatangan Gubernur Zaini untuk bertakziah di hari ketiga, dikarenakan sebelumnya ia sedang tugas dinas di Jakarta. Selama lebih kurang 25 menit, Gubernur dan rombongan juga memanjatkan do’a samadiah bersama di rumah duka.

Zaini Abdullah mengungkapkan, dirinya sangat berduka dan merasa kehilangan kala mendengar khabar meninggalnya mantan tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu 3 hari lalu, di Jakarta. “Saya mendapat khabar saat berada di Jakarta, sehingga tidak bisa hadir saat penyelenggaraan fardhu kifayah almarhum,” terang Gubernur, yang baru tiba di Aceh tadi malam.

Iklil merupakanmantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka Wilayah Linge. Almarhum juga pernah menjalani pendidikan militer di kamp Tajura Tripoli di Libya, 1987 silam. Tgk Iklil Ilyas Leube tutup usia sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis malam (30/7) di Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh, dan dikebumikan di makam keluarga, di Bandar Lampahan, Bener Meriah.

Turut menyertai Gubernur Zaini, antara lain, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Muzakkar A Gani, Karo Umum Setda Aceh Teuku Aznal Zahri, para kerabat eks Tripoli dan sejumlah pejabat lainnya.[rls/Jal]

BAGIKAN

KOMENTAR