Dua Tahun Lalu, Jumlah Harta Kekayaan Setya Novanto Rp114 Miliar, Sekarang?

0
195
Ketua DPR RI Setya Novanto. Foto: Tiuppeluit.com

Jakarta | LA – Ketua DPR RI Setya Novanto ‘menghilang’. Hal tersebut terjadi ketika Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kediamannya, Rabu (15/11/2017) malam. Datang ke rumah Setya Novanto yang berlokasi di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, penyidik KPK menggandeng puluhan personel Brimob.

Namun, sayang ketika hendak dijemput paksa oleh penyidik lembaga antirasuah tersebut, Setya Novanto menghilang dan tidak diketahui keberadaannya. Tak pelak, raibnya Ketua Umum Partai Golkar tersebut menyita perhatian publik, terutama para politikus.

Berdasarkan penelusuran di laman situs LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara) KPK, Setya Novanto terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 13 April 2015 saat menjabat sebagai Ketua DPR.

Diketahui, Setya Novanto memiliki total kekayaan lebih dari Rp114 miliar. Harta itu terdiri harta bergerak, tak bergerak, serta giro dan setara kas. Panjang laporan kekayaan Setya Novanto hingga 8 halaman.

Dari data yang dipublikasi dalam situs acch.kpk.go.id, harta kekayaan Novanto yang dilaporkan lebih dari Rp 114 miliar. Pada laporan tahun 2015, Novanto melaporkan harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 81,7 miliar.

Seperti dikutip KOMPAS.com, beberapa aset milik Novanto berada di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. Untuk harta bergerak berupa kendaraan yang dilaporkan Novanto nilainya mencapai Rp 2,3 miliar.

Ia memiliki beberapa mobil mewah seperti Toyota Alphard, Vellfire, Jeep Commander, dan Toyota Camry. Novanto juga melaporkan harta bergerak lainnya berupa logam mulia dan batu mulia yang nilainya mencapai Rp 932 juta.

Lalu, berapa harta kekayaan Setya Novanto kini? Sejauh ini belum ada informasi terkini dari LHKPN.

SUMBERTribun
BAGIKAN

KOMENTAR