Enam Warga Nagan Raya Terinfeksi HIV AIDS

0
Ilustrasi HIV - AIDS. (dok. Solopos)

NAGAN RAYA |LA– Enam orang warga yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, kini terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan  Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS).

“Penyakit ini ditemukan setelah yang bersangkutan berobat ke Banda Aceh,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Nagan Raya, dr Dedi Apriadi kepada Antara, Kamis (21/2).

Penyakit diketahui setelah hasil pemeriksaan medis di sebuah lembaga kesehatan di Banda Aceh, mengkonfirmasi identitas warga asal Nagan Raya setelah postif terjangkit HIV.

Setelah dilakukan pengecekan, dipastikan bahwa warga tersebut adalah warga Nagan Raya sesuai dengan kartu identitas yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan setempat.

Para warga yang terjangkit penyakit ini terdiri dari kalangan laki-laki dan perempuan dewasa dan identitasnya dirahasiakan.

Guna mencegah peyebaran penyakit tersebut, pihaknya kini terus melakukan pemantauan dan pendampingan agar penyakit ini dapat diobati, sehingga tidak menyebabkan penularan kepada warga lainnya.

“Para warga yang terjangkit HIV ini masih terus kita pantau, bahkan dilakukan pendekatan dengan keluarga agar bersedia untuk terus berobat,” tambahnya.

Kata Dedi Apriadi, kasus ini diketahui mulai diketahui terjangkit di Nagan Raya sejak tahun 2017 dan tahun 2018 lalu, setelah sejumlah warga berobat ke Banda Aceh.

Sedangkan di tahun 2019 ini, Dinas Kesehatan Nagan Raya belum menemukan adanya indikasi sebaran penyakit tersebut pada sejumlah warga lainnya, pungkasnya.

SUMBER :ANTARA