Gampong Keude Paya Bakong di Aceh Utara, Resmi Menjadi Kampung Al-Qur’an

0
Prosesi peresmian sekaligus pembukaan Kampung Al-Qur’an dilaksanakan di Mesjid Jamik Tgk Syik, Gampong Keude Paya Bakong, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara.

Aceh Utara | Liputanaceh.com – Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi komunitas Pejuang Islam Thalabah Muda, karena kampung Al-Qur’an telah diresmikan pembukaannya.

Prosesi peresmian sekaligus pembukaan Kampung Al-Qur’an dilaksanakan di Mesjid Jamik Tgk Syik, Gampong Keude Paya Bakong, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (06/09/20).

Kampung Quran merupakan salah satu program dari Komunitas Pejuang Islam Thalabah Muda, dengan menfokuskan tiga titik pengajaran yaitu Tahsin, Tahfiz, dan Da’i. Program ini diperuntukkan bagi putra putri yang berada di Kecamatan Paya Bakong, maksimal berusia 19 tahun dengan syarat sudah bisa membaca Al-Qur’an.

Dengan mengangkat tema “Membentuk Generasi Islami, Berakhlak Qur’ani Dengan Jiwa Penerus Sang Nabi” acara ini turut dihadiri oleh Imam Besar Mesjid Besar Paya Bakong, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

“Kami sangat mendukung program Kampung Al-Qur’an ini. Semoga bisa melahirkan generasi penghafal Qur’an dan Penda’i yang berakhlak mulia. Karena yang kita harapkan bukan sekadar penghafal Qur’an maupun penda’i yang pandai, lebih dari itu semoga santriwan maupun santriwati Kampung Qur’an menjadi sosok yang berkarakter Islami sehingga menjadi teladan bagi generasi selanjutnya,” ucap Tengku Razali, Imam Mesjid Besar Paya Bakong memotivasi.

Masih dalam moment yang sama, Syarifuddin selaku Geuchik Keude Paya Bakong juga berpesan semoga program Kampung Qur’an ini mampu menciptakan generasi yang memiliki kecintaan yang besar terhadap Al-Qur’an.

Tak ketinggalan, Tengku Faisal, selaku Ketua Kopi Hitam, dalam sambutannya menyampaikan, kita yang hari ini sama-sama duduk disini, berniat karena Allah dan Rasul Nya, “Dan semoga nanti kita bisa masuk ke Syurga Nya Allah bersama-sama dan menjumpai Rasulullah dengan penuh senyum di sana,” ujarnya.

“Setelah di peusijuek dan diakhiri dengan doa, maka Kampung Al-Qur’an pada hari ini telah resmi buka,” kata Tgk Faisal.

Kepada liputanaceh.com, Tgk Faisal melaporkan bahwa acara ini berlangsung dengan khidmat dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Semua memakai masker dengan posisi duduk berjarak satu meter,” demikian pungkasnya. (rill)