Gampong Sikundo, Habis Gelap Terbitlah Terang

0

Aceh Barat-LA. PT PLN (Persero) wilayah Aceh, Akhirnya resmi menyalakan listrik perdana bagi masyarakat di kawasan Sikundo, sebuah daerah terpencil dan pedalaman di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin (15/7).

Peresmian tersebut ditandai penyalaan listrik oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Bupati Aceh Barat H Ramli MS, General Manager PT PLN Aceh, Jefri Rosiadi serta sejumlah pejabat terkait dan Forkompimda Aceh Barat.

“Patut kita syukuri dan ikut gembira melihat masyarakat kita terlepas dari kegelapan. Yang mana sebelumnya Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat selama ini hanya mengenakan lampu teplok, bahkan lilin sebagai penerangan,” kata General Manager PLT PLN (Persero) UIW Aceh, Jefri Rosiadi dalam sambutannya.

“Dengan teraliri aliran listrik di kawasan pedalaman tersebut, diharapkan masyarakat bijak menggunakan listrik agar tidak ada penggunaan yang sia-sia”.

PLN Unit Induk Wilayah Aceh telah menyelesaikan pembangunan listrik desa sebanyak 6.494 desa atau sebesar 99,94 persen dari total desa yang ada di Provinsi Aceh sebanyak 6.497 desa yang tersebar di 23 kabupaten/kota, pungkasnya.

Saat ini hanya tersisa tiga unit desa saja di Aceh yang belum teraliri aliran listrik karena masih dalam tahap pembangunan, diantaranya di Kabupaten Aceh Timur sebanyak dua desa dan satu desa di wilayah kepulauan banyak, Kabupaten Aceh Singkil, katanya.

“Insya Allah, dalam tahun ini semua desa di Aceh akan dialiri aliran listrik”.

Tentu dengan fokus menerangi semua masyarakat yang ada di Aceh, PLN terus berupaya dan berinovasi untuk meningkatkan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia ke PT PLN Persero, sebagai perusahaan listrik negara yang mensuplai kebutuhan listrik di Indonesia,tuturnya.

“Semoga dengan diresmikannya listrik desa proyek tahun 2019 di Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, akan memberikan semangat baru bagi kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di daerah ini,” tutupnya. (Rel)