Garuda Akan Rehab Replika Pesawat RI 001

0
23
Pesawat Dakota RI 001 Seulawah yang terletak di Lapangan Blang Padang. ( Foto : Merdeka.com)

BANDA ACEH |LA– Menyanggupi permintaan Pemerintah Kota Banda Aceh, dalam waktu dekat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan melakukan perawatan dan pengecatan kembali replika Pesawat Dakota RI 001 Seulawah yang terletak di Lapangan Blang Padang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh General Manager Garuda Indonesia Branch Office Banda Aceh Sugiyono kepada Aminullah saat bertandang ke balai kota, Jumat 8 September 2017 .  Sugiyono hadir bersama VP Corporate Secretary PT GMF Aero Asia M Arif Faisal selaku pihak yang akan merehab monumen perjuangan kemerdekaan RI tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja wali kota itu, Aminullah turut didampingi oleh Asisten Keistimewaan dan Kesra Iskandar, Kadis Pariwisata M Rizha, dan Kabag Humas Setdako Banda Aceh Dody Haikal.

Sugiyono mengatakan, berdasarkan surat resmi Wali Kota Banda Aceh kepada dirinya beberapa waktu yang lalu perihal perawatan replika Pesawat Dakota RI 001 Seulawah, Garuda Indonesia menyambut baik niat tersebut, dan pihaknya menyatakan bersedia untuk merehab replika pesawat cikal bakal maskapai penerbangan Indonesia itu.

“Dalam waktu dekat kami akan mengirim tim untuk meninjau kondisi pesawat dan mempersiapkan material yang dibutuhkan dalam upaya perbaikan replika pesawat tersebut,” katanya didampingi M Arif Faisal.

“Untuk itu, kami memohon dukungan dari Pemko Banda Aceh berupa koordinasi dengan pihak terkait termasuk terkait perizinan bagi personil kami nantinya selama proses survei maupun perbaikan replika pesawat nantinya,” katanya lagi.

Sementara itu, Wali Kota Aminullah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah bersedia merehab replika pesawat tersebut. “Sudah sepatutnya hal ini kita lakukan mengingat pesawat ini merupakan salah satu sumbangan terbesar rakyat Aceh untuk Indonesia.”

“Pesawat ini juga menjadi saksi sekaligus pelaku sejarah pada masa perjuangan kemerdekaan dulu, dan kini menjadi salah satu objek wisata favorit di Banda Aceh. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia, dan kami siap memberikan dukungan yang diperlukan nantinya di lapangan,” katanya.

Selain itu, guna mendongkrak sektor pariwisata, wali kota juga meminta kepada pihak Garuda untuk memperbanyak rute penerbangan langsung antara Banda Aceh dan Jakarta (direct flight) tanpa transit di Medan. “Kami juga berharap Garuda Indonesia dapat membuka direct flight pulang-pergi Banda Aceh-Medan,” harap Aminullah. ( IK )

 

BAGIKAN

KOMENTAR