Gejala Sindrom Quasimodo

0

Liputanaceh.com | Berbagai hal kadang membuat banyak anak muda menjadi tidak percaya diri, misalnya saja penghakiman orang dan persepsi cantik di mata banyak orang.

Perasaan tidak percaya diri ini akan berujung munculnya sindrom Quasimodo. Sindrom ini ialah body dysmorphic disorder atau gangguan dismorfik tubuh.

Mereka yang mengalami sindrom ini selalu merasa adanya kekurangan dalam tubuh mereka dan hal tersebut membuatnya tidak nyaman. Hal ini juga akan mengganggu kesehatan mental.

Penyebab dari sindrom ini disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan kelainan struktur otak. Mereka yang mengalami kondisi ini akan merasa dirinya sangat buruk sehingga menghindari keramaian karena merasa malu dan cemas terhadap penampilannya.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini gejala dari sindrom Quasimodo:

1. Meminta kepastian orang lain

Mereka yang mengidap sindrom Quasimodo biasanya akan bertanya pada orang lain untuk memastikan bahwa penampilan mereka baik-baik saja.

2. Bercermin berulang kali

Mereka yang mengidap sindrom tersebut juga ditandai dengan seringnya bercermin untuk memastikan penampilan mereka cukup baik.

3. Melakukan usaha terlalu berlebihan

Karena selalu merasakan kecemasan yang berlebihan dengan penampilannya sehingga membuatnya melakukan usaha berlebihan supaya penampilannya sempurna. Contohnya membeli pakaian bagus secara berlebihan dan ini akan berdampak negatif.