Gelar Loka Karya Lintas Sektor, UPTD Puskesmas Labuhanhaji Timur dan Muspika Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona

0
dr. Nur Azima saat memaparkan penjegahan virus corona. (foto/FJ).

Tapaktuan | Liputanaceh.com – UPTD Puskesmas Peulumat bersama Muspika Kecamatan Labuhanhaji Timur, gelar kegiatan Loka Karya Lintas Sektor Uptd Puskesmas Labuhanhaji Timur Triwulan I Tahun 2020 Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (19/03/2020).

Pada Acara yang dilaksanakan di Aula UPTD Puskesmas Peulumat Kec Labuhanhaji Timur tersebut dihadiri oleh Kepala UPTD Pukesmas Peulumat Ema Hendra, Camat Labuhanhaji Timur Sarmaidi, SE, MM, Kapolsek Labuhanhaji Timur Ipda Supianto, Danramil 12 diwakili oleh Sertu Sugeng, Kepala KUA Labuhanhaji Timur diwakili oleh Asriyus, para Keuchik se Labuhanhaji Timur, para Bidan Desa dan Kader Posyandu se Labuhanhaji Timur, juga Dokter UPTD Puskesmas Peulumat Kec Labuhanhaji Timur.

Rangkaian kegiatan pada acara tersebut antara lain; sosialisasi dan diskusi pencegahan virus Corona (Covid 19), sosialisasi terkait penyakit TBC, pemaparan data sekaligus evaluasi kinerja UPTD Puskesmas Labuhanhaji  Timur tahun 2019  dan  pembagian hadiah untuk Balita Sehat, Bidan Desa Terbaik, Kader Posyandu Terbaik dan Desa Terbaik dalam pelayanan kesehatan.

Ketua Panitia Loka Karya Lintas Sektor, Siti Aisyah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan PMK No 44 tahun 2016 tentang Manajemen Puskesmas.

“Tujuannya agar Lintas Sektor dapat berperan penting untuk membangun kesehatan di wilayah  Kecamatan labuhanhaji Timur dan dapat mendukung program UPTD Puskesmas Labuhanhaji Timur terkait masalah kesehatan masyarakat.” Kata Siti Aisyah.

Kepala Puskesmas Ema Hendra mengatakan, acara tersebut sangat penting dilaksanakan, mengingat virus Corona yang awalnya melanda negara Cina yaitu kota Wuhan, kini juga telah didapat berbagai daerah di Indonesia.

“Alhamdulillah, di Kecamatan Labuhanhaji Timur hingga kini belum ada warga kita yang terjangkit virus Corona,” kata Ema Hendra.

Namun demikian, lanjut Ema Hendra, penjegahan penyebaran virus Corona harus kita lakukan, agar tidak ada warga kita yang sakit akibat terjangkit virus Corona.

Kapus UPTD Puskesmas Peulumat Labuhanhaji Timur itu juga berharap kepada pelaku kesehatan khususnya di Kecamtan Labuhanhaji Timur, agar tidak menyebarkan informasi yang tidak benar terkait virus Corona kepada masyarakat juga melalui social media.

Masih dalam kegiatan yang sama, dr. Nur Azima menjelaskan, Virus corona dapat menular kepada siapa saja. Gejala yang ditimbulkan oleh virus tersebut antara lain; demam tinggi, sesak saluran pernafasan dan batuk.

“Penyebaran virus corona dapat dicegah dengan berprilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, dan menghindari kontak dengan pasien yang terjangkit virus corona,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, dr Nur Azima juga memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan diikuti oleh seluruh yang hadir.

Sebelum melakukan pembukaan acara Camat Labuhanhaji Timur, Sarmiadi, menyarankan, dalam menyikapi wabah virus corona, masyarakat hendaknya lebih mendekatkan diri kepada Allah, banyak berdo’a dan melakukan zikir.

“Dan setiap selesai melaksanakan shalat Magrib, hendaknya baca surat Yasin,” himbau Sarmiadi selaku Camat Labuhanhaji Timur.

Dipenghujung kegiatan, Kapolsek Labuhanhaji Timur, Ipda Supianto, terkait pencegahan virus Corona, menghimbau kepada seluruh keuchik dan pelaku kesehatan agar melaksanakan kegiatan gotong royong bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar pemukiman warga, “Agar terhindar dari segala penyakit,” demikian.