Gelombang Tinggi di Pantai Jilbab Abdya Hantam 18 Rumah Warga

0

Abdya |LA -Gelombang pasang setinggi 5 meter melanda kawasan pantai jilbab Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, Minggu 21 Juli 2019.

Dari hantaman gelombang tersebut dilaporkan 18 rumah warga rusak, 4 diantaranya mengalami rusak parah. Selain berdampak pada perumahan warga, gelombang pasang yang terjadi sekitar pukul 07.00 pagi itu juga memperluas abrasi bibir pantai jilbab.

Puluhan petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya serta TNI Polri langsung dikerahkan membantu warga evakuasi barang dan pembersihan.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, hanya saja kerugian materil,” kata Kepala BPBK Abdya, Amiruddin di lokasi.

Amiruddin menyebutkan, abrasi pantai yang kini terus semakin lebar harus menjadi perhatian bersama. Untuk mengatasinya itu harus dibuat tanggul permanen dari batu gajah, dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Pantauan pewarta, hingga siang hari  Tim gabungan masih berada di lokasi. Mereka membuat dapur umum untuk membantu logistik para korban. Disamping itu, dengan bantuan alat berat petugas gabungan juga membuat tanggul pengaman sementara dari ratusan goni/karung pasir. (Harry)