Gempa di Sumbar Tidak Berpotensi Tsunami

0

Liputanaceh.com, Padang | Gempa bumi magnitudo (M) 5,2 (sebelum diperbarui M 5,3) terjadi di laut pada jarak 57 kilometer arah barat daya dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Guncangan gempa dirasakan kuat di Padang.

“Saya sedang makan, terasa goyang. Saya pikir mejanya yang goyang, ternyata gempa. Orang pada lari, saya juga ikut lari,” kata salah seorang warga di kawasan Tan Malaka Padang, Yanti, Rabu (18/11/2020).

Gempa membuat warga kaget dan keluar dari rumah. Getaran gempa dirasakan beberapa detik.

Gempa dirasakan mengentak tanah. Yanti mengaku guncangan gempa hari ini lebih kuat dibandingkan gempa M 6 yang terjadi Selasa (17/11).

“Rasanya jauh lebih kencang dibanding yang kemarin,” kata dia.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini. Saat ini kondisi sudah kembali seperti semula.

Diketahui gempa M 5,2 terjadi di Pesisir Selatan, Sumbar, pada pukul 11.41 WIB. Lokasi pusat gempa berada pada koordinat 1,81 Lintang Selatan dan 100,34 Bujur Timur.

Pusat gempa di laut atau 57 km arah barat daya dari Kabupaten Pesisir Selatan pada kedalaman 11 km. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sebelumnya, pada Selasa (17/11), wilayah Sumbar juga diguncang gempa berkekuatan M 6. Guncangan gempa tersebut dirasakan masyarakat Kota Padang sampai Bukittinggi.

“Dirasakan di Kota Padang, Painan III-IV MMI,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana menjelaskan kepada wartawan.