Guru Dayah Pulang Magang di Kediri, Ini Harapannya

0
Sumber Foto/MH.

Liputanaceh.com – Sebanyak 50 peserta magang kursus bahasa Arab dan Inggris di kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, akan kembali ke Aceh. Mereka dijemput oleh Mustafa, S.Sos.,M.Si selaku Kabid Pembinaan Sumber Daya Manusia (PSDM).

Dalam Sambutannya Bapak Mustafa S.Sos.,M.Si meminta agar setiap peserta magang dari utusan-utusan dayah mampu melahirkan kader-kader dayah yang cakap dalam berbahasa asing, yaitu bahasa Arab & Inggris.

“Harapan kita mereka menjadi pioneer di lingkungan dayah masing- masing dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan melakukan evaluasi terhadap para Alumni yang telah selesai mengikuti magang ini dalam penerapan di masing- masing dayah dengan membuka kelas kusus Bahasa Inggris dan Bahasa Arab,” ujar Kabid PSDM, Mustafa.

Ada 50 guru atau teungku Dayah yang dimagangkan Ke pulau Jawa. Mereka dibagi dalam kedua kelompok, yakni 5 Dayah Mengikuti Kursus Bahasa Inggris dan 5 Dayah Mengikuti Kursus Bahasa Arab yang terdiri dari 5 peserta dari setiap Dayah.

Adapun Dayah yang mengikuti Magang Bahasa Inggris adalah Dayah Darul Ulum Al-Munawwarah (Lhoksemawe) pimpinan Tgk. H. Abu Bakar Ismail (Abati), Dayah MUDI Mesra Samalanga (Bireuen) pimpinan Abu H. Hasanoel Bashry HG (Abu Mudi), Dayah Raudhatul Muarrif (Aceh Utara) pimpinan Tgk. H. Muhammad Amin Daud (Ayah Cot Trueng), Dayah Darurrahmah Sepadan (Subulussalam) pimpinan Tgk. M. Rasyid S.Sos.I, dan Dayah Raudharul Jannah (Subulussalam) pimpinan Tgk Amrullah.

5 Dayah yang mengikuti kursus Bahasa Arab adalah Dayah Ruhul Fatayat (Aceh Besar) pimpinan Tgk. H. Muksalmina AW, LPI Mahyal Ulum Al-Aziziyah (Aceh Besar) pimpinan Tgk. H. Faisal Ali S.Sos.I (Lem Faisal), Dayah Babussalam (Aceh Utara) pimpinan Tgk. H. Sirajuddin, Dayah Raudhatul Jihad (Gayo Lues) pimpinan Tgk. Aji Slamet, dan Dayah Darul Abrar (Aceh Jaya) pimpinan Tgk. H. Mustafa Sarong S.Pd.I (Walidi).[]