HARDIKDA Ke-61, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan Laksanakan Donor Darah

0
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan, Drs Adi Multa, (berkemeja Kopri warna biru), saat mendapingi pendonor.

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 61 tahun 2020, Cabang Dinas Pendikan Wilayah Aceh Selatan melaksanakan kegiatan donor darah.

Kegitatan donor darah tersebut dilaksanakan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan, Rabu (02/09/20), bekerja sama dengan RSUD Yulidin Away Tapaktuan.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan, Drs Adi Multa, kegiatan tersebut lakukan berdasarkan surat himbuan Plt Gubernur Provinsi Aceh, kepada Dinas Pendidikan Aceh dan jajarannya, beberapa waktu lalu, agar membantu mengatasi kekurangan darah di Aceh terutama dimasa pandemic covid-19.

“Menyahuti himbauan Plt Gubernur Aceh tersebut, sekaligus memperingati Hardikda ke 61 tahun 2020, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan melaksanakan kegiatan donor darah, bekerja sama dengan pihak RSUD Yulidin Away, Tapaktuan,” ujar Adi Multa.

Selain kegiatan donor darah, lanjut Adi Multa, “Kami juga melaksanakan kegiatan pembagian masker dan penyerahan SK kenaikan pangkat dan pensiun,” terangnya.

Adi Multa juga berharap, kegiatan donor darah seperti ini juga dapat dilakukan oleh Dinas Pendikan dan Dinas Kementerian Agama, se Provinsi Aceh, khususnya di Aceh Selatan dengan peserta donor dari kalangan tenaga pendidik SD/MI dan SMP/MTs sederajat.

“Dengan adanya stock darah di Aceh, khususnya di Aceh Selatan, yang cukup, pasien yang butuh darah tak perlu menunggu lama dan dapat segera tertolong,” imbuh Adi Multa.

Menambah keterangan Adi Multa, Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan, Fahrizal Kususma Wijaya SH, menyebutkan kegiatan tersebut dihadiri ± 150 orang calon pendonor yang terdiri dari tenaga pendidik SMA/SMK se Kab Aceh Selatan.

Namun masih keterengan Fahrizal, hanya 40 kantong darah yang diperoleh dari 40 orang pendonor yang memenuhi syarat, sedangkan sisanya 110 orang calon pendonor tidak menenuhi syarat dikarenakan HB rendah, tensi darah terlalu rendah, tinggi dan karena sebab lainnya.

“Darah para pendonor tersebut, usai kegiatan langsung diserahkan ke RSUD Yulidin Away, Tapaktuan,” jelasnya.

Fahrizal juga menyebutkan, pihaknya atas nama Bapak Adi Multa selaku Kepala Cabang Dinas Pendikan Wilayah Aceh Selatan serta jajarannya, sangat berterimakasih kepada para peserta donor darah juga pihak RSUD Yulidin Away.

“Semoga darah yang telah didonorkan bermanfaat dan memberi harapan untuk sembuh kepada para pasien yang membutuhkan,”

Sepantauan pewarta, kegiatan donor darah yang berlangsung di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Selatan tetap mentaati protokol Covid-19.

Para pendonor diwajibkan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak, demikian juga dengan tim dari RSUD Yulidin Away Tapaktuan, juga memakai APD lengkap sesuai prosedur protokol Covid 19, saat melayani pendonor.