Hari ini, SMP Negeri 3 AL Fauzul  Kabir Kembali Gelar Tes Masuk Santri  Baru

0
Fakhruddin

KOTA JAHTO , LA – SMP Negeri 3 Al fauzul Kabir Kota jantho Kabupaten Aceh Besar hari ini, selasa (11/2/ 2020) melaksanakan Tes Masuk Calon Santri Baru Tahun Pelajaran  2020/2021 di pesantren Al fauzul Kabir ,kotavJatho, diikuti 147 calon santri.

Hal ini diungkapkan Fakhruddin, S.Ag., MA, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Al fauzul kabir dalam siaran pers yang diterima media ini, Selasa (11/2/2020).

Dikatakannya, kuota maksimal penerimaan tahun ini 150 orang.. “Kelulusan tetap mengacu standar nilai yang mampu dicapai setiap calon santri dan tidak otomatis semua akan lulus. Masih ada kemungkinan dibuka penerimaan tahap kedua setelah tuntas proses penerimaan tahap ini. Untuk kepastian akan ada pengumuman selanjutnya”, kata Fakhruddin.

Fakhruddin dihadapan para peserta tes calon santri menegaskan, bahwa tes ini dilaksanakan dengan sangat objektif dan tanpa melihat titipan  dari siapapun..

Hal ini dengan tujuan untuk mendapatkan input calon santri yang bagus dan berbakat dibidang tahfiz.
” Diharapkan para calon untuk dapat mengikuti tes dengan baik disertai doa agar lulus nantinya”, kata Fakhruddin.

Dikatakannya, tim atau dewan Pembina tahfiz telah ditunjuk Bupati Aceh Besar, diketuai oleh Prof. H. Mustanir yahya, M.Sc yang juga sebagai Ketua MPD Aceh Besar.

Bagi yang lulus akan dilanjutkan dengan tes wawancara wali dan calon santri pada hari selasa, 18 Februari 2020.

Adapun jadwal tes dimulai dari pukul 08.30 sampai 10.00 Wib tes tulis dilanjutkan dengan tes baca Quran dan tahfiz pukul 10.15 hingga selesai.

Diperkirakan hari ini akan tuntas semua kegiatan tes dan akan segera diolah nilainya oleh tim penguji.  dilaksanakan di pesantren Al fauzul Kabir. Diikuti 147 calon santri.  ditentukan oleh tim atau dewan Pembina tahfiz yang telah ditunjuk oleh Bupati Aceh Besar yang diketuai oleh Prof. H. Mustanir yahya, M.Sc yang juga sebagai Ketua MPD Aceh Besar.

Bagi yang lulus tes hari ini, akan dilanjutkan dengan tes wawancara wali dan calon santri pada hari selasa, 18 Februari 2020.  Semua santri di Al Fauzul Kabir yang lulus tes  mendapat beasiswa penuh dari Pemda Aceh besar dalam bentuk biaya masuk, biaya makan, dan biaya pendidikan selama tiga tahun, terang Fakhruddin.

Kepala SMP ini menegaskan,  bagi yang dinyatakan lulus nanti diwajibkan untuk bersedia menandatangani surat pernyataan orang tua/wali di atas materai 6000 untuk tetap mengikuti program ini hingga tuntas di kelas 9 atau selama tiga tahun.

Hal ini disebabkan tim atau dewan Pembina tahfiz yang telah ditunjuk oleh Bupati Aceh Besar yang diketuai oleh Prof. H. Mustanir yahya, M.Sc yang juga sebagai Ketua MPD Aceh Besar.

Dikatakan Fakhruddin, bagi yang lulus akan dilanjutkan dengan tes wawancara wali dan calon santri pada hari selasa, 18 Februari 2020.  Semua santri di Al Fauzul Kabir yang lulus tes  mendapat beasiswa penuh dari Pemda Aceh besar dalam bentuk biaya masuk, biaya makan, dan biaya pendidikan selama tiga tahun.

“Mereka  yang lulus dan menjadi salah satu penerima beasiswa penuh program tahfiz di SMP Negeri 3 Al fauzul Kabir tahun pelajaran 2020/2021 yang Proses Pembelajarannya akan dimulai pada juli 2020. Tahun sebelumnya juga 100  tengah mengikuti pelajaran calon tahfidz juga mendapat bea siswa penuh, katanya.

‌Seluruh proses ujian tuntas menjelang zuhur dan tim penguji segera bekerja menghitung dan merekap nilai agar bisa diumumkan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Ada beberapa calon santri yang dengan berbagai alasan tidak hadir sesuai waktu yang diberikan, pihak sekolah mempersilakan walinya untuk mengikuti tes masuk pada tahap kedua nantinya yang akan segera diumumkan jadwalnya. Tentunya setiap orang tua/wali berharap agar anak mereka lulus dan menjadi salah satu penerima beasiswa penuh program tahfiz di SMP Negeri 3 Al fauzul Kabir tahun pelajaran 2020/2021 yang Proses Pembelajarannya akan dimulai pada juli 2020. Tahun sebelumnya juga 100  tengah mengikuti pelajaran calon tahfidz juga mendapat bea siswa penuh, katanya.(Rel).