Ikatan Da’i Aceh Undang Capres dan Cawapres Tes Baca Al-Quran di Mesjid Raya Baiturrahman

0
88

BANDA ACEH I LA-Salah satu ormas Islam yang bergerak dibidang dakwah menyerukan dan mengusulkan tes baca Al-Quran untuk calon presiden (caleg) dan calon wakil presiden (cawapres) sebagai salah satu cara mengakhiri polemik keislaman.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Tgk. Mursyiddin, S. HI selaku Ketua Dewan Ikatan Da’i Aceh dalam siaran pers kepada rekan media.

“Tes uji kemampuan baca Al-Quran bagi capres-cawapres ini akan diselenggarakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada tanggal 15 Januari 2019,” katanya dalam siaran tertulis kepada liputanaceh.com, sabtu, (29/12/2018).

Ia menyebutkan bahwa Ikatan Da’i Aceh akan segera membentuk panitia pelaksana (Panpel) dan tim uji kemampuan baca Al-Quran yang akan diisi oleh para ulama sepuh Aceh.

” Bahwa hasil tes uji kemampuan baca Al-Quran tidak akan memengaruhi keputusan KPU terkait pencalonan masing-masing pasangan calon,” lanjut sang tokoh agamawan muda yang aktif di berbagai organisasi dakwah dan keagamaan itu.

Selanjutnya, putra kelahiran Pasee itu juga mengatakan, hanya saja, tes ini bermaksud untuk menjujung tinggi nilai-nilai keislaman dan memberikan ruang bagi rakyat Indonesia yang beragama Islam untuk menilai kelayakan masing-masing calon berdasarkan kemampuannya membaca kalam Illahi.

“Materi yang akan dites ada dua, yaitu; Surat Al-Fatihah, dan satu Surat lainnya yang diambil secara acak. Jawaban masing-masing kandidat atas kesediaannya mengikuti tes uji kemampuan baca al-Quran paling telat diterima panitia tanggal 08 Januari 2019,” sambungnya.

Terakhir alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga itu menambahkan, satu hari setelahnya, yaitu tanggal 09 Januari panitia akan mengumumkan kembali kandidat mana saja yang sudah menyatakan kesediaannya mengikuti tes uji kemampuan baca al-Quran.