Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menjadi Kebutuhan Primer

0

BANDA ACEH |LA – Personel Kodam Iskandar Muda, menerima sosialisasi program beasiswa pasca sarjana (S-2) Universitas Pertahanan (UNHAN) Ta. 2017 di Balai Teuku Umar Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Kamis (12/10/2017).

Sosialisasi yang dibuka oleh Asisten Perencanaan (Asren) Kasdam IM, Kolonel Arm Dedi Prihatmodjo, S.I.P. tersebut, diikuti Perwira Bintara dan PNS se Kodam Iskandar Muda yang menyandang gelar S1.

Informasi yang dihimpun, sistem pengajaran dan pembelajaran Unhan selain berkonsep militer juga memberikan aspek-aspek non militer. Unhan memiliki visi mencetak para calon pemimpin bangsa yang berwawasan luas, berdaya saing tinggi, kreatif, inovatif, dan berkarakter serta bermoralitas.

visi Unhan adalah pada tahun 2024 menjadi universitas pertahanan berstandar kelas dunia (world class university) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai nilai kebangsaan. Unhan berusaha memposisikan  eksistensinya sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memfokuskan diri pada studi ilmu pertahanan dan bela negara.

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch Fachruddin dalam amanatnya yang dibacakan Asren menyampaikan, bahwa dimensi pendidikan menjadi semakin urgen dan strategis, terlebih di era globalisasi sekarang ini, yang sarat dengan iklim kompetisi. Dengan demikian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu maupun organisasi, termasuk di lingkungan militer.

Ia berharap dengan adanya kehadiran tim dari Unhan RI, dapat mewadahi kebutuhan pendidikan tingkat pasca sarjana, khususnya bagi personel pada level Pamen, Pama dan PNS golongan III, karena level-level ini merupakan motor penggerak organisasi.

“Saya berharap kepada tim sosialisasi agar dapatnya menyampaikan secara jelas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan program studi Universitas Pertahanan kepada peserta sosialisasi,” pesan Pangdam kepada tim sosialisasi.

Sementara Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil dalam amanatnya yang dibacakan Ketua Tim dari UNHAN Brigjen TNI Nyoman menyampaikan, bahwa Unhan ditetapkan sebagai perguruan tinggi melalui surat mendiknas nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009, perihal pendirian Unhan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009 di Istana Negara.

“Berbagai program pendidikan dan diberikan oleh Unhan saat ini, seperti bebas biaya perkuliahan atau beasiswa, uang saku. mess dan makan, biaya kuliah kerja dalam negeri dan kuliah kerja luar negeri,” kata Brigjen TNI Nyoman,’’(AA)

 

BAGIKAN

KOMENTAR