Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Negara Lain

0
238

Jakarta | Republik Indonesia yang merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia seharusnya jangan hanya berbangga diri dengan jumlah penduduk yang banyak sehingga seakan-akan hanya menjadi pasar bagi produk dari negara lain, kata pejabat KKP.
“Indonesia penting meningkatkan kemampuan bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand dan Malaysia yang sudah sangat agresif mempersiapkan diri untuk memanfaatkan peluang MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Achmad Poernomo, Minggu.

Jika tidak, menurut dia, Indonesia hanya akan menjadi pasar sasaran serbuan barang dan jasa dari negara lain sehingga akan membuat Indonesia menjadi negara yang konsumtif.

Peningkatan daya saing nasional, lanjutnya, sangatlah penting mengingat perkembangan perekonomian dunia saat ini sudah mengarah pada ekonomi yang bertumpu pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Keberhasilan pembangunan perekonomian tidak lagi bertumpu hanya pada keberlimpahan sumber daya alam, melainkan lebih bertumpu pada peningkatan nilai tambah,” tutur Kepala Balitbang KKP.

Achmad juga memaparkan, Tiongkok dan Jepang, dengan penguasaan teknologi yang mumpuni dan implementasi teknologi yang tepat, telah membawa keduanya menjadi negara terdepan di Asia.

Sebagaimana diberitakan, Republik Indonesia semakin menarik sebagai pasar bagi berbagai produsen dan pebisnis di seluruh dunia pada masa mendatang karena jumlah penduduknya diperkirakan bakal lebih dari 300 juta orang pada tahun 2050.

Rilis mengenai laporan PBB terkait proyeksi penduduk global memproyeksikan bahwa pada tahun 2050, populasi dari enam negara diperkirakan akan melebihi 300 juta, yaitu Tiongkok, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, dan Amerika Serikat.

PBB juga memproyeksikan penduduk dunia bakal mencapai 8,5 miliar pada tahun 2030, didorong oleh pertumbuhan di negara-negara berkembang. Populasi dunia diperkirakan akan mencapai 8,5 miliar pada tahun 2030, 9,7 miliar pada tahun 2050, dan melampaui 11 miliar pada tahun 2100.

Menurut data PBB, jumlah penduduk India diperkirakan akan melampaui Tiongkok sekitar tujuh tahun dari sekarang dan Nigeria akan melampaui Amerika Serikat untuk menjadi negara terbesar ketiga di dunia dalam 35 tahun dari sekarang.

Selain itu, selama periode 2015-2050, setengah dari pertumbuhan penduduk dunia diperkirakan akan terkonsentrasi di sembilan negara, yaitu India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia dan Uganda. (Antara)

BAGIKAN

KOMENTAR