Indonesia Urutan 13 Negara Rajin Bersedekah, Myanmar Nomor Satu

0
465

indonesia-urutan-13-negara-rajin-bersedekah-myanmar-nomor-satu

LIPUTAN ACEH.COM – Manakah negara yang penduduknya paling gemar bersedekah di dunia? Menurut Lembaga Charitable Aid Foundation jawabannya adalah Myanmar.

Dalam keterangan pers yang dilansir Selasa (10/11), seperti dikutip dari Financial Times, sembilan dari 10 penduduk Myanmar rutin menyumbangkan uangnya untuk amal secara sukarela. Setelah negara mayoritas Buddha yang baru saja menggelar pemilu itu, barulah penduduk Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Kanada ada di posisi berikutnya terkait kesediaan bersedekah.

Daftar yang dibuat CAF ini disebut World Giving Index. Yayasan ini menentukan kebiasaan bersedekah di banyak negara melalui polling, dengan pertanyaan seperti jumlah donasi bulanan, kebiasaan membantu orang asing, serta seberapa sering peserta survei menjadi sukarelawan.

Dari survei ini terlihat 87 persen responden asal Myanmar bersedekah dengan memberikan uang tunai untuk kegiatan amal, baik keagamaan Buddha maupun kemanusiaan. Separuh responden dari Myanmar juga rutin terlibat aktivitas sosial.

Dalam daftar ini, penduduk Indonesia juga terhitung gemar bersedekah. Indonesia berada dalam posisi 13 daftar tersebut, namun masih di bawah Malaysia (10) dan Sri Lanka (8).

Adapun penduduk negara yang paling jarang bersedekah adalah Burundi, disusul China, Yaman, dan Lithuania.

CAF memperkirakan jumlah sedekah warga dunia tahun lalu meningkat 31,5 persen dibanding 2013, melibatkan 1,4 miliar orang.

“Sangat mengharukan melihat dalam kondisi ketidakpastian ekonomi di seluruh dunia, jumlah orang yang mendonasikan uangnya meningkat untuk membantu sesama,” kata Kepala CAF John Low.

Berikut daftar 10 negara yang warganya paling rajin bersedekah merujuk daftar CAF:

1. Myanmar

2. Amerika Serikat

3. Selandia Baru

4. Kanada

5. Australia

6. Inggris

7. Belanda

8. Sri Lanka

9. Irlandia

10. Malaysia

[merdeka.com]

BAGIKAN

KOMENTAR