Ini Seruan Gubernur Aceh kepada Bupati Aceh Besar, Mengharukan!

0
753
Prosesi Pelantikan Bupati Aceh Besar oleh Gubernur Aceh. Foto: Dok.LA

Aceh Besar | LA – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan Wakil Bupati Tgh H Husaini A Wahab agar dan melanjutkan program-program bupati sebelumnya jika dipandang penting bagi pembangunan Aceh Besar kedepan.

“Bapak bupati dan wakil bupati kali ini dapat melanjutkan apa yang sudah pernah dibikin saudara Mukhlis Basyah dan wakilnya. Ada yang bagus dan ada yang perlu dikerjakan, lanjtutkan yang bagus, dan kerjakan yang belum dikerjakan, terutama perhatikan kelompok-kelompok yang termarjinalkan,” kata Irwandi dalam amanatnya usai pengambilan sumpah dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar periode 2017-2022.

Kelompok yang termarjinalkan menurut Irwandi seperti para petani yang dianggap miskin, petani yang KTP berstatus petani tapi justru sawahnya tidak punya. “Kemudian anak-anak yatim yang banyak di bumikita ini, di bumi syariat, ada 120.000 anak yatim yang dulu sudah pernah saya berikan beasiswa, tapi anak yatim tidak akan berkurang karena ada orangtuanya yang meninggal, itu juga harus diayomi,” kata Irwandi.

Pencetus Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) ini juga menyampaikan, apabila Pemkab Aceh Besar tidak mampu memberikan beasiswa kepada para anak yatim tersebut, untuk segera diberitahukan kepada Pemerintah Aceh. Tgk Agam bahkan berjanji akan memberikan kenaikan nominal beasiswa kepada anak yatim dia Aceh. “Tahun depan rencananya beasiswa anak yatim akan bertambah menjadi 2. 400. 000 (dua juta empat ratus ribu) perbulan,” ujarnya.

Naiknya jumlah angka beasiswa kepada anak yatim ini tidak lain karena dianggap besarnya kebutuhan mereka sehari-sehari. “Anak yatm tidak hanya hidup dengan beasiswa, butuh biaya hidup, makan minu, pangan, dan sandang. Tolong perhatikan juga rumah-rumah anak yatim yang benar-benar harus dibuat, disampaikan kepada saya kalau Aceh Besar tidak mampu, kami sebelum dilantik pun telah membuat ratusan rumah anak yatim,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan ribuan hadirin.

“Ini bukan hal yang patut dibanggakan tapi hal yang perlu diketahui oleh para orang kaya yang ada di Aceh ini. Anak yatim tidak akan datang kepada anda meminta rumah, tapi anda yang wajib turun melihat anak yatim manakah yang butuh rumah,” sebutnya.

Irwandi juga mengkhawatirkan permasalahan ekonomi di Aceh khususnya Aceh Besar, sedangkan masalah agama, Suami Darwati A Gani ini mengaku sama sekali tidak khawatir, karena Bupati Aceh Besar saat ini merupaka sosok seorang ulama yang peduli pada kondisi kehidupan sosial keagamaan di wilayah Aceh Besar dari dulu hingga sekarang.

“Tapi yang perlu diperhatikan adalah masalah ekonomi, ekonomi kerakyatan. Aceh masih tergolong daerah termiskin di Indonesia, kalau tidak salah nomor 6 (enam) atau nomor 7 (tujuh). Dengan kucuran dana otsus yang begitu banyak, kita masih menduduki rangkin yang tidak membanggakan ini. Tolong perhatikan visi dan misi saya, dalam hal ekonomi dan pembangunan,” seru Irwandi kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih. (Hidayat)