Ini Tiga Nama Calon Sekda Aceh, Salah Satunya Putra Bandar Dua Pijay

0

ACEH I LA– Tim Penilai Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, telah menetapkan tiga nama calon Sekda Aceh, dari 10 orang peserta yang mengikuti seleksi.

Ketiga nama tersebut adalah, Kamaruddin Andalah, M Jafar dan Taqwallah.

Pengumuman tiga nama calon sekda Aceh ini mengejutkan sejumlah kalangan.

Pasalnya, ketiga nama yang diumumkan oleh Pansel ini berbeda jauh dengan tiga nama calon sekda Aceh yang beredar di media sosial sejak dua hari lalu.Tiga nama calon sekda Aceh yang sempat meramaikan media sosial sejak dua hari lalu adalah, Dr Safrizal ZA MSi, Drs Reza Fahlevi MSi, dan Ir Elvizar Ibrahim MSi.

Tidak diketahui pasti dari mana asal muasal hingga ketiga nama itu disebut-sebut sebagai calon sekda Aceh.

Yang pasti, tiga nama calon Sekda Aceh yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi adalah, Kamaruddin Andalah, M Jafar, dan Taqwallah.

Penetapan tiga nama itu dituangkan dalam berita acara Nomor: BA/TIMSEL/002/I/2019tanggal 10 Januari 2019, yang langsung ditandatangani oleh Ketua Tim Penilai, Prof Dr Abdi A Wahab MSc.

Sekretaris Timsel, Makmur Ibrahim yang sebagaimana dikonfirmasi Serambinews.com, Jumat (11/1/2019) pagi membenarkan Timsel Sekda Aceh sudah menetapkan tiga nama calon Sekda Aceh baru Aceh..
Ketiga Nama ini akan diajukan kepada Presiden pada hari Jumat (11/1/2019) ini, untuk dipilih menjadi satu orang.

Nama ketiga calon sekda itu disusun berdasarkan abjad, yaitu.

Kamaruddin Andalah (Asisten III Setda Aceh)

M Jafar (Asisten I Setda Aceh)

Taqwallah (Asisten II Setda Aceh)

Pada hari ini juga, lanjut Makmur Ibrahim, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan melaporkan hasil penilaian Tim Sel Sekda Aceh itu kepada Sekneg dan Presiden Joko Widodo.

Suratnya sudah dibuat Sekda Aceh, Dermawan.

Menurut informasinya, lanjut Makmur, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pada hari ini ada mengikuti acara kepresidenan di Istana Negara.

Seusai acara itu, Plt Gubernur akan meminta waktu untuk melaporkan hasil penilaian seleksi calon Sekda Aceh yang baru untuk menggantikan Sekda lama, Dermawan, yang akan memasuki pensiun atau masa kerja purna bhaktinya, 30 Januari 2019.

Plt Gubernur Nova Iriansyah, meminta Timsel Calon Sekda untuk segera membuat surat keputusan hasil penilaian pada minggu kedua bulan Januari 2019 ini.

Selain sesuai jadwal tahapan, juga ingin sebelum sekda lama mengakhiri masa tugas purna bhkatinya akhir bulan ini, calon Sekda yang baru sudah ada.

Mengenai jadwal pelatikan Sekda yang baru, kata Makmur, lazimnya dilakukan setelah turun SK dari Presiden, tentang penetapan Sekda Aceh yang baru.

Siapa yang akan dipilih dari ketiga nama tersebut, yang mengetahui Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Presiden?

“Menurut kami ketiganya merupakan putra terbaik Aceh, dan pengalamannya sudah cukup banyak dalam bidang pemerintahan,” kata Makmur.

Sebelum SK Sekda Aceh yang baru itu diterbitkan, kata Makmur, masih ada tahapan konsultasi lagi.

Informasi yang dihimpun liputanaceh.com, salah satu calon Sekda Kamaruddin Andalah merupakan putra kelahiran Blang Dalam, Ulee Glee, Pidie Jaya dan ia juga telah di pembantukan sebagai Plt kepala daerah di berbagai wilayah di Aceh termasuk tanah kelahirannya Pidie Jaya.

Sumber: serambinews.com dan tambahannya