Innalillahi! Istri Ulama Qiraah Aceh Meninggal Dunia

0
1307

MEUREUDU I LA- Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang kerahmatullah Fatimah binti Ali Basyah (54) salah seorang istri ulama qiraah Aceh Tgk. Ibrahim Idris atau akrab disapa Ayah Ibrahim Pulo yang juga pimpinan Dayah Ulumul Qur’an gampong Pulo, Ulee Glee, Pidie Jaya, Sabtu, (13/1/2018).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiu, almarhumah Ummi (Fatimah binti Ali Basyah) istri Ayah Ibrahim Pulo (Tgk. Ibrahim Idris pimpinan Dayah Ulumul Quran, Pulo,Ulee Glee) telah berpulang kerahmatullah pada hari sabtu pukul 09.00 WIB di RSU Teungku Chik Ditiro, Sigli,” kata Tgk. Zubir Hasballah salah seorang guru senior dayah tersebut kepada liputanaceh.com, Sabtu, (13/1/2018).

Ia menyebutkan al-marhumah sudah sepuluh hari di RSU Sigli dan pasca operasi tidak sadarkan diri. Sejak khabar tersiar meninggal almarhumah pada pukul 09.00 WIB, warga Bandar Dua dan sekitarnya melayat kerumah duka dan di kebumikan di perkarangan dayah setempat pukul 14.00 WIB.

“Pasca meninggal almarhumah pada jam 09.00 WIB masyarakat Bandar Dua dan sekitarnya juga para ulama senior Pidie Jaya serta santri ikut melayat dan melakukan shalat jenazah kepada al-Marhumah sedagkan jenazah al-marhumah dikebumikan pada pukul 14.00 WIB di komplek dayah tersebut,” lanjutnya yang juga guru Diniyah Tastafi Pidie Jaya.

Al-Marhumah meninggalkan enam orang anak (dua putri dan empat putra) sebagiannya juga meneruskan jejak Ayah Ibrahim Pulo sebagai ahli qiraah dengan menjadi juara qari dan qariah baik ditingkat propinsi maupun nasional diantaraya seperti Tgk. H. Mukhtariza juara nasional pada MTQN beberapa tahun silam.

“Al-marhumah meninggalkan enam orang anak dengan empat orang laki-laki dan dua perempuan. Sebagian mereka juga mengikuti jejak Ayah Ibrahim Pulo sebagai ahli qiraah dengan menjuarai even MTQ baik di tingkat propinsi maupun nasional,” paparnya