Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Abon Kota Fajar Meninggal Dunia

0

ACEH SELATAN I Liputanaceh.com– Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Bumi Aceh kembali berduka dengan berpulang kerahmatullah salah seorang ulama kharismatik Aceh Tgk. H Hasbi Nyak Diwa atau sering dipanggil Abon Kota Fajar Pimpinan Dayah Darurrahmah Kota Fajar, Aceh Selatan, Selasa, (28/1/2020) pada pukul 01.05 WIB.

Informasi kepergian Abon Kota Fajar tersiar begitu cepat dan selama ini Abon mengalami sakit dan dalam perawatan. Kemungkinan jenazah Abon dikebumikan hari selasa, (28/1).

Berdasarkan catatan yang dihimpun liputanaceh.com, Abon Kota Fajar dilahirkan Gampoeng Ujong Gunong Rayeuk, Kemukiman Beutong, Bakongan Aceh Selatan, pada 2 Februari 1943. Orang tuannya bernama Tgk. H. Datuk Nyak Diwa, seorang pegawai negeri yang
terakhir menjabat sebagai kepala KUA Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan.

Selanjutnya, Abon selama menjalani jenjang pendidikannya juga pernah belajar di beberapa dayah ternama di Aceh diantaranya Dayah Darussalam Labuhan Haji dan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Sosok Abon Kuta Fajar bukan hanya alim dengan kajian turast klasik juga diamanahkan Abuya Jailani untuk menghidupkan tarekat suluk dan almarhum telah mendirikan tempat ibadah suluk di dayahnya.

Sepanjang masa pengabdiannya kepada umat, sejak tahun 1992 Abon Hasbi memimpin tiga dayah sekaligus yaitu
Darussa’adah, Darurrahmah di Kluet Utara dan Bahrussa’adah di Bakongan.

Pada pada tahun 2000 Abon Hasbi membuka kelas pendidikan agama
kepada santri laki-laki. Tahun pertama santrinya berasal dari dayah Bahrussa’dah yang telah ditutup. Tahun-tahun selanjutnya masuk santri lain dari berbagai daerah di Aceh. Sampai sekarang Abon Hasbi fokus memimpin Dayah Darurrahmah di Kotafajar Kluet Utara Aceh Selatan.